Kompas.com - 20/11/2015, 12:21 WIB
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menyatakan kinerja ekspornya masih positif sampai bulan kesepuluh tahun ini.

Buktinya, periode Januari-Oktober 2015, ekspor mobil bermerek Toyota secara utuh (compeltely built up/CBU) dari Indonesia sudah mencapai 158.000 unit atau sekitar 90 persen dari target tahun ini 175.000 unit.

“Kami berterimakasih atas dukungan pemerintah hingga dukungan dari rantai pemasok sehingga memberikan kesempatan yang luas bagi kami untuk bisa mempertahankan performa ekspor di tengah kondisi perekonomian dunia yang penuh dengan tantangan ini,” kata I Made Dana Tangkas, Direktur Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN dalam pernyataan resminya, Kamis (19/11/2015).

Jika dibandingkan periode sama tahun sebelumnya, ekspor Toyota naik 19 persen, yang cuma 133.000 unit.

Dari data ekspor, Vios tercatat sebagai model paling besar kontribusinya dengan 44.000 unit, disusul Fortuner 42.000 unit. Kijang Innova berkontribusi 14.000 unit. Sedangkan model lainnya yaitu Avanza, Town Ace/Town Lite, Agya, Rush (diproduksi PT Astra Daihatsu Motor), dan Yaris dijumlah menjadi 58.000 unit.

Selain CBU, TMMIN juga mengaku telah mengekspor kendaraan dalam bentuk terurai (CKD/Completely Knock Down) mencapai 37.000 unit. Komponen lain, meliputi mesin utuh bensin 44.000 unit, (mesin utuh) etanol 7.000 unit, dan komponen kendaraan 45,6 juta keping. Tercatat lebih dari 70 negara di kawasan Asia-Pasifik, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika menjadi daerah tujuan ekspor Toyota Indonesia.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.