Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Siapkan Mobil “Fuel Cell” Pesaing Toyota Mirai

Kompas.com - 17/11/2015, 17:33 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Seoul, KompasOtomotif – Kia mengumumkan akan memperkenalkan kendaraan berteknologi fuel cell atau berbahan bakar hidrogen pada 2020 mendatang. Kabar itu diumumkan produsen otomotif asal Korea Selatan dalam rencana lima tahunan perusahaan yang dilakukan belum lama ini.

Pada 2020, seperti dilansir laman Wordcarfans, Selasa (17/11/2015) salah satu fokus Kia, adalah membuat mobil berbahan bakar hidrogen. Karena, lima tahun ke depan banyak produsen otomotif yang memiliki dan menjual kendaraan tersebut.

Kia membeberkan, kendaraan berbahan bakar hidrogennya itu akan menggendong mesin berkapasitas 2.0-liter dan memiliki kecepatan tinggi. Bahkan, klaimnya lima persen lebih irit dan 10 persen lebih kuat dibandingkan kendaraan bermesin konvesional. Jarak tempuhnya, Kia menargetkan bisa berjalan sejauh 800 km dan mampu berlari dengan kecepatan maksimal 170 kpj.

Guna mewujudkan mobil tersebut, Kia bekerja sama dengan 300 pemasok. Bahkan, target produksinya sudah dibocorkan, yakni sekitar 1.000 unit per tahun dan akan dijual di seluruh dunia.

Tak hanya itu, Kia juga mengklaim bahwa kendaraan berbahan bakar hidrogennya tersebut akan dibuat dengan kualitas tinggi dan inovasi yang modern.

Saat ini, produsen otomotif yang sudah menjual kendaraan fuel cell, yakni Toyota. Mobil berbahan bakar hidrogen pertama Toyota itu disebut Mirai. Tahun ini Toyota mengatakan hanya sanggup menghasilkan 700 unit Mirai, lalu dikembangkan menjadi 2.000 unit pada 2016, dan 3.000 unit pada 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com