Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Hujan, Ini yang Wajib Dilakukan Pemilik Mobil

Kompas.com - 16/11/2015, 16:29 WIB
|
EditorAgung Kurniawan


Jakarta, KompasOtomotif – Musim penghujan akhirnya tiba di seluruh wilayah Ibu Kota. Jika tidak antisipatif, curah hujan yang tinggi bisa merepotkan bagi pengguna mobil.

Supaya ini tidak terjadi, maka ada beberapa masukan yang patut diperhatikan, disampaikan oleh Pebalap Nasional Rifat Sungkar.

Ban

Menurut pemilik Rifat Drive Labs (RDL) ini, hal pertama yang harus dilakukan, yakni melihat
posisi ban, bukan keadaan ban. Kalau bisa dipindahkan, misalnya ban depan kiri ke ban belakang kanan, ban depan kanan ke ban belakang kiri.

“Jadi bukan depan belakang saja yang dipindahkan, karena selama ini ketika jalanan panas dan saat mobil berkelok-kelok ban depan jauh lebih kemakan dibanding ban belakang. Sementara kalau hujan, kuncinya ada di ban depan, maka kondisinya harus lebih bagus dari ban belakang,” kata Rifat saat ditemui di acara Outlander Sport & Delica Driving Experience di Car Park Area, Horse Racing Circuit, Pulomas, Jakarta Timur, akhir pekan lalu.

Dijelaskan Rifat, tidak terpengaruh mobil tersebut berpenggerak roda depan atau belakang, karena steering control tetap berada di bagian depan. "Selama ukuran bannya sama silang bisa bisa dilakukan, mau tarikan depan atau belakang tetap depan super penting," katanya.

Tekanan Angin dan Bersihkan Kotoran di disc rem

Kedua, yakni mengenai tekanan angin. Sesuaikan dengan instruksi yang ada pada stiker di daun pindu bagian depan. Karena, dalam menambah tekanan angin ban tidak bisa sembarangan atau harus sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan.

Ketiga, saat mengganti posisi ban, Anda juga wajib membersihkan debu atau kotoran tanah yang menempel di disc rem, karena kalau tidak dibersihkan akan menghambat perjalanan saat kondisi hujan.

“Kotoran atau tanah itu bisa menghambat kerja rem. Kalau tidak dibersihkan akan merusak permukaan rem dan menghambat pengereman saat terjadi hujan,” katanya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.