Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sembarangan Beli Jas Hujan!

Kompas.com - 12/11/2015, 09:21 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif – Setelah lama dinanti, akhirnya musih hujan tiba. Bagi para biker, sudah waktunya mengambil jas hujan yang sudah lama tersimpan di rumah atau mulai beli yang baru.

Namun, begitu banyaknya jenis jas hujan yang tersedia di pasar, lantas model seperti apa yang paling ideal untuk biker?

Ketika memilih dan membeli jas hujan jangan sembarangan. Karena jika tidak tepat suatu saat bisa menjadi petaka bagi diri sendiri dan pengendara sepeda motor lain.

Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto memberikan imbauan kepada para biker dalam memilih dan menggunakan jas hujan. Menurutnya, jas hujan yang ideal dan tidak menyalahi aturan yakni, tidak mengganggu pandangan pengendara lain di jalan. Selain itu, juga wajib tidak mengurangi gerakan saat berada di atas motor.

“Pada prinsipnya gunakanlah jas hujan yang tidak mengganggu pandangan diri sendiri atau pengendara lain serta tidak mengganggu gerakan. Model apa saja bisa digunakan,” kata AKBP Budiyanto kepada KompasOtomotif melalui pesan singkat, Rabu (10/11/2015).

Menurutnya, memang tidak aturan baku mengenai penggunaan jas hujan, tapi disarankan demi keselamatan bersama menggunakan jas hujan yang normal dan sewajarnya. Model two piece (atasan dan celana) dipercaya sebagai model terbaik, meskipun banyak yang menganggap tidak praktis.

“Mau model ponco juga tidak apa-apa asal tidak mengganggu gerak diri sendiri saat motor,” katanya.

Sudah menjadi konsekuensi bagi biker untuk berpanas-panas di bawah terik matahari atau basah ketika hujan turun. Alasan ini yang membuat, segala perlengkapan penujang wajib disediakan, salah satunya jas hujan. Jangan menjadi biker egois yang cuma mau cepat tapi ketika hujan meneduh seenaknya di bawah jembatan, sehingga menimbulkan kemacetan. 

Sebagai sesama pengguna jalan umum, perilaku biker wajib dijaga!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com