Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robot Ini Tantang Valentino Rossi Balapan Motor

Kompas.com - 02/11/2015, 11:32 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Tokyo, KompasOtomotif -
Sebagai perusahaan otomotif dunia, Yamaha terus melakukan inovasi teknologi. Kali ini, merek berlambang garpu tala itu berhasil merancang robot yang bisa naik motor, bahkan dalam kecepatan tinggi, bernama Motobot, Dikutip dari Carscoops, Senin (2/11/2015).

Robot ini punya postur seperti pebalap yang tengah "menggeber" motor dilintassn balap. Yamaha berambisi Motobot mampu memiliki kemampuan bisa lebih baik dari pebalap andalannya di ajang MotoGP, Valentino Rossi. Sampai kini, Yamaha mengaku terus melakukan pengujian sampai akhirnya robot ini bisa bersaing dengan Rossi. 


Dalam video yang diunggah ke YouTube menggambarkan kalau tim insinyur dari Yamaha terus melakukan pengujian Motobot. Selama pengujian, Motobot menggunakan Yamaha R1M yang dimodifikasi khusus sehingga bisa dioperasikan oleh robot.

Sayangnya, tidak ada spesifikasi mengenai Motobot. Tapi, selama pengujian, motor Yamaha R1M kustom itu ditambahkan roda kecil pada bagian kiri dan kanan, fungsinya agar saat motor tersebut menikung tidak jatuh.

Video berdurasi dua menit dan dua detik ini menunjukan bahwa tahap pertama pengujian Motobot cukup berhasil, robot ini mampu berjalan dengan kecepatan lebih dari 100 km dan tanpa ada kendala atau terjatuh.

Penasaran? Lihat videonya di bawah ini!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com