Isuzu Pangkas Mesin D-Max Untuk Thailand

Kompas.com - 09/11/2015, 18:26 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Bangkok, KompasOtomotif – Model pikap Isuzu D-Max mendapat penyegaran dan telah meluncur di Thailand pekan lalu. Kendati statusnya facelift, perubahannya tergolong banyak.

Perubahan paling serius, D-Max terbaru menggunakan mesin diesel 1.9L Ddi Blue Power berkode RZ4E-TC dengan tenaga 150 tk pada 3.600 rpm dan torsi 350 Nm pada 1.800 – 2.600 rpm. Unit baru lebih kecil menggantikan mesin lama, diesel 2.5L 4JK1-TCX.

Kapasitas mesin dipangkas agar bisa mengikuti regulasi terkait lingkuntan hidup di Thailand. Mulai 2016, beban pajak kendaraan yang dijual di Thailand tidak lagi lagi hanya berdasarkan kapasitas mesin tapi juga emisi dan tingkat efisiensi bahan bakar.

“Meski Isuzu membuat mesin lebih kecil, efisiensinya tetap sama seperti pikap 2.5L. Isuzu melihatnya dampak minim dari rezim pajak baru, jadi perusahaan tiadk perlu memproduksi lebih banyak volume tahun ini,” ujar Hiroshi Nakagawa, Presiden distributor lokal Tri Petch Isuzu Sales Co, dilansir dari Bangkok Post, pekan lalu.

Dibanding model lama, D-Max kini mendapat sentuhan baru di bagian wajah termasuk lampu depan dan gril. Detail lain, terdapat antena "sirip hiu" di atap.

Kabin dilengkapi Isuzu Connect World untuk koneksi gadget ke sistem hiburan di kabin. Keamanan penumpang didukung dua kantung udara, dan pengereman elektrik.

Pilihan mesin 3.0L dengan tenaga 177 tk dan torsi 380 Nm masih tersedia sekaligus menjadi varian termahal dengan fitur lebih lengkap lagi.

Isuzu D-Max pertama kali meluncur di Thailand pada Mei 2002, kemudian pada 2011 generasi keduanya lahir. Sejak saat itu hingga sekarang sudah 3 juta unit yang terjual. D-Max terbaru dengan mesin 1.9L dibanderol 490.000 – 928.000 baht (Rp 186,1 juta – Rp 352,4 juta) sedangkan versi 3.0L dilego 573.000 - 1 juta baht (Rp 217,6 juta– Rp 379,7 juta).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.