Menyambut Konsep Mazda RX-9 Bermesin Rotary

Kompas.com - 18/10/2015, 07:43 WIB
Teaser Mazda RX-9 Konsep WorldcarfansTeaser Mazda RX-9 Konsep
|
EditorAgung Kurniawan

Tokyo, KompasOtomotif – Kabar mengenai Mazda telah menyiapkan penerus RX-8 semakin santer. Kali ini, dalam pameran otomotif dua tahunan, Tokyo Motor Show 2015 yang digelar akhir bulan ini, Mazda dikabarkan siap memamerkan konsep RX-9 bermesin Rotary.

Kabar terbaru seperti dilansir laman Worldcarfans, Minggu (18/10/2015) menyebutkan, kalau konsep itu akan menggendong mesin 800 cc yang dikawinkan dengan turbocharger listrik dan teknologi hibrida. Motor penggerak tersebut diperkirakan mampu menghasilkan tenaga 450 tk.

Sebelum debut, produsen otomotif asal Jepang ini membocorkan gambar teaser melalui dunia maya. Meski berupa siluet, tapi sudah dipastikan RX-9 konsep ini merupakan mobil sedan sport yang memiliki performa tinggi.

Mengenai mesin rotary, Presiden Mazda Masamichi Kogai mengonfirmasi di Frankfurt Motor Show 2015 bahwa pengembangan mesin pembakaran dalam tipe awal yang unik tanpa karburator ini masih dilakukan.

Mesin rotary terakhir kali diproduksi massal oleh Mazda pada model sport RX-8. Mobil berpenggerak roda depan itu kemudian dinyatakan pensiun pada 2012 karena tersisih regulasi emisi bahan bakar. Sempat dikatakan usaha melahirkan penerus RX-8 tidak masuk dalam rencana karena penjualannya dikira tidak bisa mencapai volume bisnis.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X