Kompas.com - 12/10/2015, 17:41 WIB
Sesekali cek reservoir minyak kopling. Jika kosong, artinya terjadi kebocoran. KompasOtomotif-Donny AprilianandaSesekali cek reservoir minyak kopling. Jika kosong, artinya terjadi kebocoran.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Populasi mobil transmisi manual masih mendominasi di Indonesia, terutama di luar kota besar. Bicara transmisi manual paling lekat dengan masalah menyangkut minyak kopling.

Cobalah, sesekali coba cek reservoir (tempat penampungan) minyak kopling. Jika ternyata berkurang di bawah batas minimum, artinya ada yang tidak beres pada master kopling mobil Anda. Kemungkinan besar, muncul kebocoran yang disebabkan banyak hal.

”Biasanya karena usia. Cek master kopling atas dan bawah, ganti bagian yang bocor. Atau untuk amannya, sekalian ganti satu set atas dan bawah untuk usia yang lebih panjang lagi,” ujar Gunawan, pemilik bengkel Saudara di kawasan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Senin (12/10/2015).

Fungsi master kopling menurut Gunawan adalah menekan minyak kopling agar gigi bisa ”dimasukkan”. Jika ada kebocoran, terdapat berbagai gejala yang mungkin bisa menjadi pertanda. Berikut beberapa gejalanya:

1. Kopling sudah diinjak, tetapi gigi tak bisa dimasukkan. Bisa masuk pun tapi sangat keras dan cenderung berbunyi.

2. Ada beberapa saat ketika pedal kopling diinjak dan terasa ”kosong” atau ”ngempos”. Ini berarti minyak kopling sudah hampir habis karena bocor.

3. Kasus yang parah, pedal kopling diinjak dan tidak bisa kembali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

4. Terkadang, untuk memasukkan gigi menunggu suhu mesin dingin terlebih dahulu.

5. Terdapat rembesan di bagian master kopling, yang dipastikan adalah minyak kopling bercampur debu.

6. Tangki penampung minyak kopling sering habis.

Jika muncul gejala-gejala tersebut di atas, ada baiknya segera cek master kopling, baik bagian atas atau bawah ke bengkel terdekat. Harga suku cadang untuk mengganti satu set cukup terjangkau, mulai Rp 600.000 hingga Rp 1 juta (tidak termasuk ongkos pasang).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X