Biasakan Ganti Oli Lebih Cepat dari Rekomendasi!

Kompas.com - 14/09/2015, 09:02 WIB
TMO Lubcirants saat diproduksi di pabrik PT Pertamina Lubricants, Gresik, Jawa Timur. TAMTMO Lubcirants saat diproduksi di pabrik PT Pertamina Lubricants, Gresik, Jawa Timur.
|
EditorAgung Kurniawan

Surabaya, KompasOtomotif – Usai mengunjungi pabrik pelumas PT Pertamina Lubricants di Gresik, Jawa Timur, yang juga memproduksi Toyota Motor Oil (TMO) Lubricants, Jumat (11/9/2015), KompasOtomotif bersama jurnalis lain terlibat bincang santai dengan Product Manager Toyota Genuine Motor Oil Toyota Motor Corporation (TMC) Hiroyuki Kajita, di Surabaya.

Obrolan bisnis dan pengembangan TMO Lubricants bergeser ke seputar tips menggunakan pelumas. Seperti saran ”pedagang” pada umumnya, ganti oli disarankan lebih sering. Selain supaya oli lebih banyak laku (dari kacamata pedagang), mesin juga lebih terlindungi (dari kacamata produsen).

”Patokan standarnya masih setiap 10.000 km. Tapi lihat kondisi penggunaannya, jika mesin lebih sering kerja berat, mengganti lebih cepat akan lebih baik,” ujar Kajita.

Di kesempatan yang sama, Andria Nusa, Direktur Penjualan dan Pemasaran Pertamina Lubricants menambahkan, bahwa semua berpulang pada konsumen, kebiasaan berkendara, dan kondisi lalu lintas di daerahnya.

”Konsumen yang akan merasakan, atau konsultasikan dengan mekanik. Gambarannya begini, kondisi macet, kinerja mesin akan lebih berat karena stop and go. Kerja paling berat pelumas adalah memulai gerakan dari kondisi diam,” kata Andria.

Itulah sebabnya, mantan staf R&D Pertamina Lubricants lulusan Teknik Kimia ITB itu menyarankan, jika konsumen berada di kondisi tersebut (perkotaan yang macet dan lebih sering stop and go), mengganti pelumas lebih cepat dari rekomendasi akan jauh lebih baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.