Kompas.com - 07/09/2015, 10:51 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Sirkuit Internasional Sentul rencananya  akan direnovasi secara keseluruhan untuk mendapatkan nilai grade A sesuai dengan yang ketentuan federasi balap internasional (FIA, FIM dan CIK). Rencananya, Indonesia akan menjadi tuan rumah gelaran MotoGP 2017.

Anggono Iriawan, Manajer Safety Riding dan Motorsport PT Astra Honda Motor (AHM) menjelaskan, sangat positif sekali jika Indonesia menjadi salah satu negara tuan rumah MotoGP 2017. Hanya saja, selain sirkuit, banyak hal lain yang harus diperhatikan, utamanya adalah mengenai infrastruktur pendukung.

“Kalau bicara sirkuit sangat mungkin, tapi perhatiannya juga harus kepada sarana dan insfrastuktur pendukung lainnya. Karena menggelar acara balapan sepeda motor tingkat dunia itu menyangkut banyak orang dan kita harus siap segala sesuatunya,” ungkap Anggono saat dihubungi KompasOtomotif, Senin (7/9/2015).

Anggono menguraikan, kesiapan seperti sarana tempat menginap atau hotel di sekitar Sirkuit Sentul juga harus memadai. Begitu juga dengan Rumah Sakit dan yang lainnya seperti Bea Cukai, Imigrasi, hingga tempat menukarkan uang. Karena akan banyak sekali orang dari luar negeri datang ke Indonesia, seperti kru semua tim biasanya berjumlah 1.000 sampai 1.500 orang.

“Lintas departemennya banyak, jadi bukan hanya sirkuit, tapi lebih kepada pendukung lainnya. Program ini kalau menurut saya harus kebijakan nasional, karena harus lintas departemen. Sebagai contoh, mengirimkan motor balap, bahan bakar dan alat-alat pendukung balapan, itu proses dan ketepatan waktunya harus dipertimbangkan,” beber Anggono.

Renovasi Sirkuit Sentul

sentulinternationalcircuit.com Lay-out Sirkuit Internasional Sentul

Sirkut Sentul itu sendiri menurut Anggono, untuk saat ini memang banyak kekurangannya, karena arena balapan itu dirancang dengan standarisasi perkembangan sepeda motor beberapa tahun silam. Tapi, untuk rombak sangatlah mudah dan akan banyak yang diperbaiki.

“Kalau aspal sudah pasti, tapi tikungan dan desain Sirkuit juga akan diubah. Intinya desain layout secara keseluruhan pasti akan berubah dan sesuai dengan standar Sirkuit MotoGP,” tuntas Anggono.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.