Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Tahu Rasanya Naik Honda Sonic? Ini Ulasannya...

Kompas.com - 07/08/2015, 10:53 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Honda New Sonic 150R lahir bukan dari trah generasi Sonic versi Thailand. Model bebek sport atau biasa disebut ayam jago itu merupakan pengembangan produk khusus Indonesia. Racikannya tentu berbeda dan menghasilkan 'aroma' yang berbeda pula.

KompasOtomotif menyempatkan untuk mencicipi tunggangan yang membidik konsumen anak muda usai prosesi peluncuran, Rabu (5/8/2015). PT Astra Honda Motor menyiapkan sesi tes singkat untuk media guna sekedar merasakan performanya.

Kesan pertama duduk, khas ”ayam jago banget”. Kombinasi ketinggian jok yang ternyata hampir sama dengan Satria FU, posisi setang jepit tidak rendah, dan pijakan kaki yang agak mundur, menghasilkan posisi berkendara yang khas.

Bagian tengah ke belakang seperti naik bebek, namun tengah ke depan seperti menggamit sepeda motor sport minus tangki bahan bakar. Jok cukup bikin nyaman, begitu pula posisi kaki.

Posisi awak redaksi dengan tinggi badan 172 cm merasa tidak terlalu membungkuk, bahkan cenderung mirip naik bebek. Ini akan pas untuk pengguna bertinggi badan antara 160-170 cm. Biasanya, konsumen ayam jago akan membuat rendah suspensi depan sehingga tongkrongannya terkesan lebih sporty.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Speedometer digital sangat caompact, sepadan dengan bodi yang ramping.

Fitur

Tidak banyak kelengkapan yang diberikan. Hanya speedometer yang bisa dieksplor lebih jauh. Bagian ini menganut ”aliran” full digital. Tampak cukup compact dan mudah dilihat. Angka digital penunjuk kecepatan ada di tengah, dikelilingi oleh panel takometer, odometer, dan penunjuk posisi gigi.

Sementara di bagian kiri dimanfaatkan sebagai penunjuk sisa bahan bakar. Pada bagian atas menjadi ruang untuk lampu indikator gigi netral, pengingat overheat, lampu indikator malfungsi, lampu dim, dan lampu sein.

Jangan berharap ada ruang penyimpanan, karena ini ayam jago, bukan bebek. Di balik jok tidak ada tempat untuk menyembunyikan barang, hanya beberapa celah kecil untuk menyimpan tools.

Bagaimana performanya? KompasOtomotif segera melanjutkan dalam artikel lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com