Kompas.com - 24/07/2015, 10:29 WIB
EditorAzwar Ferdian
Jakarta, KompasOtomotif - Kehadiran Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite langsung mendapat sambutan positif dari produsen sepeda motor. PT Astra Honda Motor (AHM) menyatakan, Pertalite cocok dengan semua jenis sepeda motor Honda.

Pertalite memiliki kandungan kadar oktan (RON) 90, atau lebih tinggi dari Premium. Angka tersebut dinilai AHM bisa  dikonsumsi seluruh sepeda motor Honda di Indonesia. Pasalnya, dibanding Premium, Pertalite akan membuat mesin lebih bersih,

"Jelas kami menyambut baik munculnya produk tersebut, karena akan semakin membuat mesin sepeda motor lebih bersih," ujar Wedijanto Widarso, General Manajer Divisi Teknik Servis AHM kepada KompasOtomotif, Kamis (23/7/2015).

Wedijanto memastikan,  sepeda motor Honda yang dipasarkan di Indonesia akan cocok dengan Pertalite. AHM biasa melakukan pengujian bahan bakar sebelum memasarkan produknya ke suatu daerah. Artinya, produk Honda juga sudah diuji menggunakan jenis BBM dengan oktan paling rendah.

"Kami selalu coba dari kadar RON yang paling rendah, seperti di Indonesia yaitu Premium yang mengandung oktan 88. Jadi jika muncul produk bahan bakar dengan harga yang berbeda tipis tapi memiliki kadar oktan lebih besar, lebih baik menggunakan itu apalagi yang sudah berkompresi di atas 9 yang biasanya dimiliki oleh kendaraan yang sudah fuel injection," ujar Wedi.

Hanya saja, bagi yang sudah menggunakan bahan bakar Pertamax dengan kadar oktan 92, sebaiknya tidak usah turun menggunakan Pertalite. "Selain bagus, membeli bensin Pertamax juga membuat pengendara tidak harus mengantri panjang di SPBU," kelakar Wedi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.