Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluncuran All-New Fortuner, Indonesia Disalip Thailand

Kompas.com - 18/07/2015, 11:03 WIB
|
EditorAzwar Ferdian
Jakarta, KompasOtomotif - Generasi terbaru Toyota Fortuner resmi meluncur di Bangkok, Thailand dengan status All-New, Kamis (16/7/2015). Toyota Thailand didapuk sebagai negara pertama yang mememperkenalkan All-New Fortuner ini.

Dipilihnya Thailand sebagai tempat pemuncuran, membuktikan bahwa Toyota Thailand mendapat lampu hijau dari prinsipal (Jepang) untuk lebih dulu meluncurkan Fortuner daripada Indonesia. Ini dirasa cukup aneh karena Sport Utility Vehicle (SUV) menengah andalan Toyota ini sudah diproduksi di Karawang, Jawa Barat dan Indonesia berstatus sebagai basis produksi.

"Perbedaan peluncuran antar negara itu hal biasa, karena masing-masing itu sudah punya strateginya sendiri-sendiri, tak bisa disamakan," ujar Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) kepada KompasOtomotif, Kamis (16/7/2015).

allnewfortunerclub.com Toyota All-New Fortuner resmi diperkenalkan di Thailand, Kamis (16/7/2015).
Basis produksi

Toyota Indonesia mulai memasarkan Fortuner sejak 2005 dan ketika itu diimpor utuh (completely build-up/CBU) dari Thailand. Selanjutnya, Indonesia mendapat jatah produksi untuk merakit Fortuner dengan mengandalkan pasokan dari Thailand ke pabrik Karawang, Jawa Barat, mulai awal 2007

Indonesia mulai mendapat jatah produksi Fortuner tipe mesin bensin 2.7 liter dengan status completely knocked down (CKD) mulai 2010. Bahkan Indonesia sudah mulai ditunjuk Toyota Jepang sebagai basis produksi Fortuner, sementara Thailand masih fokus produksi Fortuner bermesin diesel.

Situasi mulai berbalik di 2012, saat terjadi krisis di Thailand. Toyota tak mau meningkatkan risiko bisnisnya hanya di satu tempat untuk wilayah ASEAN, kemudian memilih Indonesia sebagai basis produksi Fortuner. SUV menengah itu kini diproduksi di Indonesia, bahkan dengan kapasitas lebih besar ketimbang Thailand.

Adhis Anggiany PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) produksi Fortuner
Hak

Toyota Indonesia sebenarnya punya hak untuk bisa meluncurkan generasi terbaru Fortuner lebih dulu ketimbang Thailand. Opsi lain yang bisa diambil antara Thailand dan Indonesia, bisa dengan menyelaraskan waktu sehingga mungkin peluncuran bisa dilakukan dalam waktu bersamaan, secara tidak ada perbedaan waktu antara Bangkok dan Jakarta.

"Soal peluncuran sudah dilakukan di Thailand, saya harus cek lagi ke pihak Jepang tetapi belum mendapat sumber resmi. Tapi, waktu peluncuran itu biasanya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing konsumen di suatu negara. Jadi Indonesia dan Thailand punya strategi berbeda, saling independen, tidak bisa dipukul rata semua," ujar Samulo, menjelaskan.

Fokus utama Toyota Indonesia masih menjual model Fortuner yang ada saat ini di pasar nasional. Sampai kini, menurut Samulo, kinerja penjualan Fortuner di Indonesia relatif stabil jika melihat kondisi pasar yang terus menurun.

"Intinya kita fokus menjual Fortuner yang ada sekarang bukan yang lain," ucap Samulo, menegaskan.

Sepertinya, TAM masih berusaha menghabiskan stok Fortuner lawas yang masih tersisa di pipa dealer. Menariknya lagi, kabarnya peluncuran generasi baru Fortuner ini baru akan dilakukan untuk Indonesia, Maret 2016.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.