Kompas.com - 30/06/2015, 07:30 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Posisi duduk saat mengemudi bukan hanya soal nyaman tapi juga keamanan. Kadang nyaman jadi acuan utama, tapi bisa jadi mengurangi kemampuan mengemudi. Nah, Rifat Sungkar, pebalap nasional sekaligus pendiri sekolah mengemudi Rifat Drive Labs, membeberkan berbagai logika posisi tubuh yang baik saat mengemudi.

Posisi duduk

Paling inti adalah posisi duduk. Hal yang perlu diperhatikan, kaki kita bisa menekan pedal rem atau kopling sampai posisi paling bawah. Kalau belum sampai, jok bisa dimajukan. Rifat memberikan satu tips mengatur sandaran jok, posisinya wajib menempel rata di punggung dari bagian bawah sampai pundak.

Sudut kemiringan sandaran jok disesuaikan sambil salah satu tangan berada di angka “jam 12” kemudi. Rifat bilang inilah jarak terjauh tangan bisa menjangkau kemudi. Setelah itu bila tersedia pengaturan, seting ketinggian jok untuk mendapatkan visibilitas maksimum saat berkendara.

Saran lain dari Rifat, atur ketinggian head restrain sesuai postur, kenakan sabuk pengaman dengan benar, dan atur semua posisi kaca spion. Semua hal itu dilakukan sebelum mulai mengemudi, termasuk menyalakan sistem audio.

Posisi tangan

Menurut Rifat cara paling mudah menjelaskan posisi tangan di kemudi menggunakan simbol jam. Saat berkendara sebaiknya posisi tangan berada pada jam 9-3 atau 10-2. Dijelaskan, posisi 9-3 lebih baik karena tuas-tuas kontrol berada dalam jangkauan.

Hal-hal yang tidak dianjurkan saat mengemudi, menggunakan hanya satu tangan, tangan di dalam lingkar kemudi (masuk dalam jangkauan letup airbag), kedua tangan bertumpu di satu titik dalam kemudi, menggunakan aksesori bantuan memutar kemudi, dan posisi jempol mengunci di palang stir.

Posisi kaki  

Setelah jangkauan kaki diatur lewat posisi duduk, Rifat mengatakan posisi kaki kiri saat tidak digunakan ketika mengemudi harus dibiasakan menginjak sandaran kaki di sebelah kiri pedal kopling. Hal itu berlaku untuk mobil manual, sementara buat matik Rifat menyarankan 100 persen kaki kiri berada di sandaran kaki, jadi hanya kaki kanan yang digunakan untuk menekan pedal gas dan rem.

Ketika mengerem, posisi kaki kanan yang baik yaitu tegak lurus dengan pedal rem dan sedikit miring ke kanan untuk antisipasi menginjak pedal gas. Posisi tumit menempel di lantai mobil dan dalam keadaan stabil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.