Ini Harga Perbaikan Setelah “Airbag” Avanza Meletup

Kompas.com - 29/06/2015, 07:31 WIB
Dual SRS Airbag Avanza. Toyota Astra Motor (TAM)Dual SRS Airbag Avanza.
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Suasana dan kondisi kabin setelah kantong udara (airbag) meletup telah KompasOtomotif bahas sebelumnya, kini yang diangkat jadi fokus adalah biaya perbaikan setelah suplemen perangkat keselamatan sabuk pengaman itu bekerja. Objek pembahasan adalah mobil sejuta umat, Avanza.

Airbag bekerja sekali pakai, lalu harus diperbaiki agar mobil bisa digunakan kembali. Toyota Astra Motor (TAM) mulai menawarkan dual SRS (Supplemental Restraint System) Airbag sebagai fitur keselamatan standar Avanza pada Mei 2013 lalu. Airbag Avanza ada dua, terletak di kemudi dan dasbor di hadapan penumpang depan.

Menurut Dadi Hendriadi, GM Technical Service TAM, setelah airbag terbuka bagian yang perlu diperbaiki adalah seluruh sistem airbag dan komponen yang dirancang sobek saat airbag meletup.

Perbaikan terdiri dari penggantian airbag pengemudi seharga Rp 7,1 juta, airbag penumpang depan Rp 14 juta, Electronic Control Unit (ECU) Rp 2,35 juta, dan sensor (depan, kiri, dan kanan) Rp 470.000. Khusus airbag pengemudi dan penumpang harga sudah termasuk cover. “Kalau sensor airbag biasanya rusak karena tabrakan,” papar Dadi pekan lalu.

Febri Ardani Avanzanation Journey wilayah Timur di pantai Lampu Satu, Merauke, Selasa (11/2/2014).


Sabuk pengaman pretensioner

Ada kemungkinan ketika airbag meletup fitur pretensioner pada sabuk pengaman juga berfungsi, yakni mengencangkan sabuk agar badan tetap menempel di jok. Sama seperti airbag, pretensioner hanya sekali pakai, setelah digunakan, sabuk pengaman juga harus diganti, harga satuannya Rp 900.000.

“Semua model Toyota dengan airbag pasti dilengkapi sabuk pengaman pretensioner,” jelas Dadi.

Di kebanyakan mobil baru, kerusakan airbag biasanya dilindungi asuransi, namun setiap asuransi tentu punya tenggang waktu berlaku. Bila ditotal, seluruh perbaikan Avanza setelah airbag meletup mencapai lebih dari Rp 25 juta. Angka itu tidak sedikit, jadi sebaiknya pemilik mulai memahami kerja dan fungsi airbag.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X