Laporan langsung dari Palo Alto, California, AS

Selangkah Lagi, Ford Produksi "Mobil Tanpa Pengemudi"

Kompas.com - 24/06/2015, 13:45 WIB
|
EditorAris F Harvenda
San Francisco, KompasOtomotif — Mobil otonomos, atau dikenal juga sebagai "mobil tanpa pengemudi", merujuk pada kendaraan yang sebagian atau seluruh fungsi kemudinya dilakukan oleh komputer.

Ford, melalui pusat riset di Silicon Valley, mengatakan sudah semakin dekat dengan langkah produksi mobil semacam itu. Hal ini dikemukakan dalam rangkaian Further with Ford 2015 di Silicon Valley, 23-25 Juni 2015.

Setelah sebelumnya merupakan upaya riset, mobil otonomos kini adalah program rekayasa tingkat lanjut di Ford. Perusahaan itu juga telah menunjuk direktur khusus untuk pengembangan kendaraan otonomos, Randy Visintainer.

"Dalam lima tahun ke depan, kami akan menerapkan teknologi driver-assist ke seluruh jajaran produk kami, demi terwujudnya jalan raya yang lebih aman dan meningkatkan kemampuan mengemudi dengan sistem otomatis," ujar Raj Nair, Ford Group Vice President, Global Product Development.

Fase rekayasa tingkat lanjut adalah tahap kedua dari tiga rangkaian sebelum fitur itu hadir di pasar. Artinya, Ford tinggal selangkah lagi menghadirkan fitur itu di mobil-mobil yang ada di pasaran.

Saat ini, Ford memiliki beberapa fitur ke arah otonomos. Misalnya, fitur pre-collision assist—dengan kemampuan mendeteksi pejalan kaki—yang telah diterapkan untuk model Mondeo di Eropa.

Fitur lain yang juga telah dihadirkan adalah active park assist (bantuan parkir), peringatan untuk lalu lalang kendaraan di belakang, hingga blind spot monitoring.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.