Federal Bangun Pabrik Oli Baru di Cilegon

Kompas.com - 27/05/2015, 15:54 WIB
Patrick Adhiatmadja (kiri) melakukan pemancangan tiang pertama untuk pembangunan pabrik Federal Oli kedua di Cilegon, Banten, Rabu (27/5/2015). Federal OilPatrick Adhiatmadja (kiri) melakukan pemancangan tiang pertama untuk pembangunan pabrik Federal Oli kedua di Cilegon, Banten, Rabu (27/5/2015).
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif - PT Federal Karyatama melakukan pemancangan tiang pertama untuk pembangunan pabrik Lube Oil Blending Plant (LOBP) di Krakatau Indutrial Estate Cilegon (KIEC), Banten, Rabu (27/5/2015). Pabrik ini rencananya akan mulai beroperasi awal 2017 mendatang, menelan investasi sekitar Rp 400 miliar.

Acara pembangunan pertama ini dihadiri Kepala BKPM Provinsi Banten Ranta Soeharta, Kepala BPMPT Cilegon Ditha Prawira, Pimpinan PT Wokatuba Indonesia Saebani, dan jajaran direksi Krakatau Industrial Estate Cilegon yang diwakili Wisnu Kuncoro dan Priyo.

Patrick Adhiatmadja, Presiden Direktur Federal Karyatama mengatakan, melihat perkembangan dunia otomotif dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia masih potensial di masa depan. Selain itu, kapasitas pabrik pertama di Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur sudah menyentuh kapasitas maksimumnya.

“Industri pelumas akan terus tumbuh, karena itu Federal berusaha semaksimal mungkin memenuhi kebutuhan tanah air. Melalui pembangunan pabrik ini dengan kapasitas dan fasilitas akan lebih memadai dari yang ada sebelumnya,” ucap Patrick dalam keterangan resminya, Rabu (27/5/2015).

Fasilitas ini dibangun di atas lahan seluas 2 hektar dengan konsep modern. Beberapa fasilitas yang dilengkapi, antara lain proses blending dan filling menggunakan robot, dengan konsep ‘Green Industry’ yaitu mengedepankan aspek ramah lingkungan.

“Nantinya pabrik pelumas ini ditargetkan mampu menghasilkan 100 juta liter pelumas per tahun dan diharapkan pengerjaan pembangunan selesai dan beroperasi dalam tempo 20 bulan dari sekarang”, ujar Direktur Pabrik PT Federal Karyatama, Ari Sutanto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.