Kompas.com - 06/05/2015, 08:44 WIB
|
EditorAzwar Ferdian
Roma, KompasOtomotif - Rencana Automobili Lamborghini SpA memiliki model SUV akhirnya bisa terwujud juga. Meskipun, konsep Urus sudah dipamerkan Lamborghini di Beijing, April 2012 dan kabarnya mau diluncurkan 2017, sampai saat ini belum ada perkembangan signifikan terkait proyek tersebut.

Akhirnya, kali ini ada titik terang didorong oleh Pemerintah Italia. Lewat kepemimpinan Perdana Menteri Matteo Renzi, ada insentif menarik bagi Lamborghini untuk mendirikan pabrik baru di Italia.

Dilansir Bloomberg (5/5/2015), Potongan pajak bernilai hingga 100 juta euro atau Rp 1,45 triliun asalkan mau membangun pabrik baru dan mempekerjakan setidaknya 300 orang. Upaya ini dilakukan pemerintah untuk mendorong terciptanya lapangan kerja baru di Negeri Pisa ini.

Penyampaian insentif ini dilakukan langsung oleh perwakilan pemerintah kepada Lamborghini di Roma, Selasa (5/5/2015). Kedua pihak kabarnya segera melakukan pertemuan lanjutan untuk mencapai kata sepakat.

Konsep Urus, merupakan kartu truf Lamborghini untuk tetap bisa bersaing dengan produsen mobil premium lain yang juga berencana melepas model SUV. Tren pasar SUV yang terus menguat di Eropa dan hampir di seluruh dunia, membuat Lamborghini tak mau kehilangan kesempatan mendulang penjualan.

Merek yang berkantor pusat di Sant’Agata, Bolognese ini kabarnya akan mendapat persetujuan dari prinsipal Grup Volkswagen akhir Juni 2015. Tapi, kapan dan peluncuran model masih belum bisa diprediksi.

Guna memangkas ongkos produksi, Lamborghini berencana memasok kebutuhan komponen utama mereka di pabrik VW lain, seperti di Bratislava, Slovakia di mana Porsche merakit Cayenne.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.