Siap-siap Nissan Buka Pesanan GT-R Nismo

Kompas.com - 28/04/2015, 16:15 WIB
Nissan GT-R Nismo KompasOtomotif-Agung KurniawanNissan GT-R Nismo
|
EditorAzwar Ferdian
Jakarta, KompasOtomotif - Mobil sport Nissan GT-R spek balap racikan divisi motorsport Nismo kemungkinan bakal dijual di Indonesia mulai tahun depan. Nissan Motor Indonesia (NMI) kini sedang mengaji kemungkinan itu, persentase menjadi nyata sekarang sudah 50 persen.

"Kita masih studi, masih 50:50. Konsepnya mobil premium nanti yang mau bisa pesan. Kalau jadi tetap ada peluncurannya, kita sediakan unit display tapi stok tidak banyak," ungkap Budi Nur Mukmin GM of Marketing Strategy and Product Planning NMI, selepas pembukaan GT Academy Indonesia, di Jakarta, Selasa (28/4/2015).

Versi Nismo jelas lebih bertenaga dibanding GT-R standar, ada perbaikan di sektor aerodinamis, suspensi, sistem gerak. Pengembangan dilakukan agar performanya buas di trek namun masih bisa dijinakan untuk penggunaan sehari-hari. GT-R Nismo belum pernah dijual di Indonesia, bila akhirnya diluncurkan tentu akan mengairahkan pecinta motorsport di Indonesia.

Tenaga mesin VR38DETT 3.8-liter twin turbo V6 diolah sanggup menyemburkan 600 tk dan torsi 481 lb-ft. Kapasitas turbo diperbesar mirip spek balap GT3. Transmisi sequential kopling ganda akan mengumbar rasa mobil balap yang sebenarnya. Selain itu, komponen mesin lainnya dibuat untuk kompetisi.

"Orang yang beli GT-R itu beda dengan supercar. Pembelinya orang yang tahu esensi motorsport, bukan fashion," timpal Budi.

Harga

Salah satu kendala yang masih dibicarakan adalah harga jual, Budi belum bisa membeberkan berapa banderol GT-R Nismo di Indonesia. Sebagai gambaran, NMI menjual versi standar GT-R lebih dari Rp 3 M, ada kemungkinan tipe Nismo lebih mahal Rp 1 M sebab modifikasi di sekujur tubuhnya mengacu ke spek kompetisi.

"Kita memang tidak mengejar volume dengan Nismo, hanya untuk meningkatkan branding. Tapi yang pasti perlakuan untuk kastemernya khusus karena masuk segmen premium," kata Budi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X