Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesan Segar di Dalam New Daihatsu Terios

Kompas.com - 21/04/2015, 07:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Denpasar, KompasOtomotif – New Daihatsu Terios bukan sekadar ganti wajah dengan level minor. Mobil yang masuk di kategori compact SUV itu semakin cukup bekal bersaing dengan para rival setelah PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan penyegaran signifikan belum lama ini.

KompasOtomotif mengeksplor banyak perubahan itu dalam media test drive di Pulau Dewata, 16-19 April 2015 lalu. Banyak kesempatan menggali kelebihannya, terlebih rute yang dipilih mewakili habitat SUV yang memang harus mengakomodasi semua kondisi jalan tanpa kompromi.

Start dari Denpasar, 11 New Terios melaju sejauh 170 km menuju Taman Nasional Bali Barat. Perjalanan ditempuh kurang lebih enam jam melalui rute mendaki Bedugul, untuk menyusuri pesisir Utara Pulau Bali hingga singgah di Menjangan Resort yang terletak tepat di tengah taman nasional.

Sebelum lebih detail merasakan performanya, KompasOtomotif berusaha mencari beberapa pembaruan yang dilakukan ADM untuk Terios melalui berbagai fitur yang tersemat. Cukup penting mengetahuinya, karena nilai jual tambahannya ada di sektor ini.

ADM Banyak perubahan pada interior, termasuk setir yang semakin modern.


Kenyamanan kabin

Nuansa kabin cukup berubah, meski desain interior sama. Jok kini bernuansa fabric hitam-merah. Bagian yang dulu dilapis krom kini dilabur abu-abu dof, tampak lebih elegan. Dashboard dan door trim hitam, menggunakan bahan yang cukup nyaman disentuh.

Setir lama yang monoton ditinggalkan, kini diubah lebih sporty dilengkapi tombol audio. Pusat informasi dan hiburan pun semakin canggih dengan head unit 2DIN dengan layar sentuh. Perangkat ini juga sudah terkoneksi dengan Bluetooth untuk memutar musik atau melakukan panggilan.

Cukup mudah mengoneksikan ponsel ke Bluetooth, bisa tersambung dengan beberapa gadget sekaligus. Di dalam sistem juga sudah tersimpan layanan navigasi yang siap membantu saat dibutuhkan.

Ingin melihat film dengan resolusi tinggi, ada konektor kabel HDMI di konsol tengah, berdekatan dengan konektor USB.

ADM Banyak fitur pembaruan pada New Daihatsu Terios, termasuk tombol sekali pencet untuk memudahkan akses masuk penumpang baris ketiga.

Keamanan

Fitur pemanja cukup lengkap, mulai tombol untuk melipat spion hingga one touch tumble, semacam tombol sekali pencet yang membuat jok baris kedua terlipat untuk kemudahan akses penumpang di baris ketiga.

Window Jam Protection, melindungi atau mengurangi resiko pengemudi agar tidak terjepit kaca pintu mobil. KompasOtomotif mencoba fitur ini dengan mletakkan lengan saat kaca akan menutup. Saat tangan akan terjepit, kaca otomatis berhenti naik dan sedikit menurun.

Selebihnya sama dengan model lama, hanya terdapat penambahan fitur yang membuatnya sedikit naik kelas. Fitur keamanan immobilizer dan besi pelindung dari tabrakan samping kini menjadi perlengkapan standar selain peranti rem ABS.

Bagaimana performa saat melaju? Ikuti lanjutannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com