Sebelum ke Malaysia, Jokowi Sempat Tanya Soal Esemka

Kompas.com - 09/02/2015, 15:00 WIB
Presiden RI Joko Widodo menunggangi New Proton Iriz bersama Chairman Proton Mahathir Mohamad The StarPresiden RI Joko Widodo menunggangi New Proton Iriz bersama Chairman Proton Mahathir Mohamad
|
EditorAris F. Harvenda
Solo, KompasOtomotif - Sebelum melakukan kunjungan ke Malaysia pekan lalu, Presiden Joko Widodo, ternyata sempat menghubungi Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dan bertanya soal kelanjutan Esemka.

Dalam lawatannya ke Malaysia tersebut, Jokowi menyempatkan diri berkunjung ke pabrik Proton di Shah Alam, dan menyaksikan MoU antara Proton dan PT Adiperkasa Citra Lestari buat pengembangan mobil nasional.

"Sebelum berangkat ke Malaysia, Pak Jokowi sempat menghubungi saya dan bertanya soal Esemka. Tapi ternyata beliau juga berkunjung ke Proton, agak kaget juga saya saat tahu ada kerja sama dengan Proton terkait mobil nasional," jelas FX Hadi Rudyatmo saat berbincang dengan KompasOtomotif, Senin (9/2/2015).

Rudy, sapaan akrabnya, sudah menyatakan sikap penolakan apabila ada kerja sama dengan Proton untuk merancang mobil nasional. Menurut Rudy, Esemka yang harusnya bisa didahulukan untuk dikembangkan menjadi mobnas, bukan produk Proton.

"Pemerintah bisa memberi modal buat Esemka, atau misalnya Esemka diambil alih oleh BUMN. Komponen lokal yang terkandung di Esemka sudah 80 persen, yang kita belum mampu adalah bikin ECU, piston atau juga dinamo starter. Selain itu, kita sudah bisa membuat sendiri," lanjut Rudy lagi.

Pria berkumis ini menegaskan, dirinya akan menanyakan langsung nasib Esemka ke Jokowi agar jangan sampai terlupakan. Rudy berpendapat, Esemka juga pernah ikut memberi andil kepada Jokowi hingga maju menjadi Gubernur DKI Jakarta sampai menjadi presiden.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X