Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Proton Mobnas Indonesia

Penjualan Proton Loyo di 2014

Kompas.com - 07/02/2015, 11:40 WIB
Jakarta, KompasOtomotif - Pemerintah Indonesia menggandeng Proton Malaysia sebagai mitra kerja dalam penggarapan mobil nasional. Kerja sama ini sudah tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) yang sudah ditandatangani kedua belah pihak. Rencana ini cukup mengejutkan mengingat performa Proton sendiri tidak terlalu apik di industri otomotif nasional.

Proton melalui perwakilan Proton Edar Indonesia (PEI) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) punya 10 model dan terbagi lagi menjadi 27 varian yang dijual di Indonesia. Semua model tersebut dibawa dalam bentuk impur utuh (CBU) dari Malaysia.

Deretan line-up yang dimiliki Proton terbilang lengkap. Merea punya dari model sedan, hatchback sampai mobil multiguna (MPV). Hanya saja, performa penjualan mobil asli Malaysia ini terbilang loyo. Sepanjang 2014 lalu, Proton tidak sampai menembus angka penjualan 1.000 unit, dengan rata-rata per bulan hanya puluhan unit.

Berdasarkan data Gaikindo di 2014, penjualan Proton tahun lalu hanya 523 unit. Model paling laris adalah Exora Star 1.6 transmisi manual dengan capaian 194 unit. Disusul Exora Star transmisi matik dengan angka 142 unit. Tipe ini menjadi tulang punggung penjualan PEI sepanjang tahun lalu.

Model Saga, Waja dan Gen2 Persona malah sama sekali tidak mencatat penjualan. Persona Elegance laku 13 unit, Gen2 terjual 32 unit, Neo 14 unit, Preve 9 unit, dan Suprima 11 unit. Kembali ke Exora, tipe Executive dan Supreme tidak laku terjual, sementara Bold laku 45 unit dan Prime 19 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com