Vios Limo Owners Community (VLOC)

Ubah Tampilan Limo Jadi Vios Cuma Rp 7 Juta

Kompas.com - 08/02/2015, 10:00 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif — Tawaran Toyota Limo pelat hitam keluaran 2009 dari Blue Bird membuka kesempatan memiliki Vios dengan harga "miring". Limo berumur lima tahun itu dijual paling murah Rp 79 juta. Selanjutnya, hanya perlu merogoh kocek sedikit lagi, tampilan Vios pun bisa didapat.

Limo adalah versi khusus sedan kompak Vios dari Toyota Indonesia untuk pasar taksi. Kebanyakan, masa pakai Limo yang digunakan Blue Bird hanya lima tahun. Setelah masa berlaku STNK dan garansi habis, Limo kemudian dilepas menjadi mobil bekas siap pakai. Sementara itu, operator taksi akan menggunakan unit baru.

Perbedaan paling signifikan antara Limo dan Vios hanya pada eksterior dan interior, sementara mesin, transmisi, kelistrikan, sampai sistem suspensi sama. Tak perlu modal yang banyak untuk modifikasi, Limo sudah bisa berubah seperti Vios.

"Sebetulnya kalau cuma dari Limo ke Vios lebih kurang butuh dana Rp 7 juta karena cuma beda di pelek, power window, audio, sama fog lamp," kata Fajar Dana, ketua perkumpulan pemilik mobil bekas taksi Vios Limo Owners Community (VLOC), di Jakarta, Sabtu (8/2/2015).

Febri Ardani Berbagai taksi Limo plat hitam yang dimiliki komunitas Vios Limo Owners Community.

Fajar bersama dua teman anggota awal VLOC menemukan ketertarikan untuk membeli Limo karena menganggap hal itu merupakan cara murah memiliki Vios. Ternyata, kesempatan tersebut juga diambil oleh banyak orang. Berawal dari hal itu, VLOC terbentuk sebagai wadah pada 27 Juli 2013. Anggotanya kini berjumlah 600 orang.

"Rata-rata yang pertama diganti pasti pelek karena Limo masih kaleng. Terus beli emblem, bisa dapat di bursa mobil. Harganya sekitar Rp 100.000. Itu sudah dapet emblem 'Vios' dan 'G'," papar Fajar.

Dia mengungkapkan, kebanyakan peminat punya target awal mengincar Vios. Namun karena sudah melakukan riset, mereka akhirnya beralih ke Limo. "Dengan bodi dan tampilan sama, apalagi kalau sudah dimodifikasi, orang ga tahu mobil kita aslinya Limo. Setelah beli, sebenarnya ga ada yang perlu diperhatikan lagi, apalagi ini dapatnya dari eks Blue Bird. Mobil yang saya pegang dari 2012 ga ada masalah," pungkas Fajar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.