Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Ichiro Melakukan "Hukum Rimba" di Jalan

Kompas.com - 04/02/2015, 19:35 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Hubert Andi Wenas, yang mengunggah video dokumentasi aksi "main hakim sendiri" terhadap pengguna jalan lain di YouTube, akhirnya ditilang pihak Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Rabu (4/2/2015). Dalam aksinya saat mengendarai Suzuki Vitara yang dijuluki "Ichiro", Wenas kerap memaki, menyerempet, bahkan tak segan menabrak kendaraan lain yang melanggar peraturan lalu lintas di jalan.

Atas aksinya yang penuh kontroversi ini, Wenas akhirnya menjelaskan alasannya. "Saya pernah mengalami kejadian traumatis karena tidak tertibnya pengguna jalan lain. Jadi, berdasarkan pengalaman itu, saya cenderung bereaksi tegas terhadap pengguna jalan lain yang tidak tertib," kata Wenas.

Wenas yang mengaku kerap menghabiskan waktu panjang di jalan kerap mengingat kembali pengalaman traumatis yang dialaminya ketika melihat pengguna jalan lain yang tidak tertib lalu lintas. "Aksi itu lebih karena emosi, trauma, dan aksi spontan di jalan yang mengakibatkan saya melakukan hal itu," lanjut Wenas.

Lantas, mengapa semua aksi yang dilakukannya itu semua terekam dengan dengan dua sudut kamera, seolah-olah memang niat dilakukan?

"Kalau kamera itu memang selalu terpasang di mobil saya karena saya biasa melakukan touring keliling Indonesia dan kerap merekam untuk berbagi dengan rekan dan teman. Jadi, memang selalu menyala," kata Wenas.

Kini, Wenas mengaku sudah jera dan mengaku salah atas perbuatannya di jalan. Meski tak sedikit pengguna internet yang mendukung aksinya, Wenas sadar kalau aksinya ini melanggar hukum.
"Saya mengatakan agar masyarakat jangan meniru perbuatan (yang saya lakukan) karena bisa menimbulkan hal negatif sampai korban lain di jalan," tutup Wenas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com