Toyota dan BMW Garap Varian MINI Baru

Kompas.com - 30/01/2015, 15:30 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Frankfurt, KompasOtomotif - Grup BMW dan Toyota Motor Corporation semakin mesra dalam mengerjakan proyek bersama. Setelah sepakat menciptakan sedan sport baru, kini kedua pabrikan dikabarkan akan mengembangan varian baru untuk merek turunan BMW, Mini.

Informasi ini disampaikan Autobild, dilansir Automotive News Europe (29/1/2015). Informasinya, BMW tengah menyiapkan segmen baru untuk Mini yang menyasar pada lapisan konsumen terendah (entry level), dengan nama Mini Minor. Produk ini merupakan hasil kolaborasi, artinya, Toyota punya kesempatan yang sama untuk memasarkan dengan versinya sendiri.

Menyangkut rencana ini, juru bicara Mini menolak berkomentar panjang dan menilai pemberitaan ini sebagai spekulasi.

Jika kerja sama ini lancar, varian baru Mini ini akan ditawarkan dalam ukuran lebih kompak dari yang sudah ada dan dengan harga lebih terjangkau. Model terkecil Mini pernah dipamerkan dengan konsep Rocketman sudah dipajang di Geneva Auto Show 2011 dengan panjang bodi 3.450 mm, lebih pendek 370 mm dari versi tiga pintunya.

Rocketman ditawarkan mulai 13.500 euro (Rp 192,8 juta), tapi untuk Mini Minor, harganya bisa lebih berkurang sekitar 4.000an euro (Rp 57,1 juta) lagi, sekitar 9.000-an euro(Rp 128,5 juta). Mobil ini sebenarnya tertuju pada menghidupkan kembali "kakek" mini yang juga merek Inggris, Morris di era 1960an.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.