Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Talang Air di Kala Musim Hujan

Kompas.com - 12/01/2015, 15:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Januari 2015 diprediksi masih kerap diguyur hujan. Bagi para pengguna mobil, ada satu produk yang kerap disepelekan, meskipun fungsinya cukup penting, yakni talang air alias door visor.

Aksesori ini berfungsi untuk menahan air hujan masuk ke dalam kabin ketika jendela dibuka sedikit. Memang sebagian besar mobil sudah dilengkapi dengan sistem pendingin ruangan (AC) sehingga jarang membuka jendela, baik ketika suhu panas atau dingin di kala hujan.

Tapi, jika suhu udara di dalam kabin terlalu dingin biasanya menimbulkan embun di jendela yang mengganggu pengelihatan. Salah satu cara menghilangkannya adalah dengan membuka jendela sedikit, agar udara di luar masuk ke dalam kabin. Pada waktu ini, peran talang air berguna maksimal.

"Selain untuk menahan air masuk ke kabin, mobil dengan talang air akan terlihat lebih stylish. Harganya macam-macam di pasar, mulai dari Rp 150.000 sampai Rp 750.000, tergantung dari jenis mobil," jelas Hendra punggawa toko aksesori Automania di ITC Cempaka Mas, Jakarta Timur, kepada KompasOtomotif, belum lama ini.

Dengan harga tersebut, biasanya yang ditawarkan adalah produk-produk buatan lokal. Sedangkan produk impor, harganya bisa lebih mahal, berkisar Rp 250.000 sampai Rp 1 juta, untuk semua jendela samping (4 buah talang air).

Agung Kurniawan Talang air Datsun Go Panca.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com