Kompas.com - 12/01/2015, 15:00 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif - Januari 2015 diprediksi masih kerap diguyur hujan. Bagi para pengguna mobil, ada satu produk yang kerap disepelekan, meskipun fungsinya cukup penting, yakni talang air alias door visor.

Aksesori ini berfungsi untuk menahan air hujan masuk ke dalam kabin ketika jendela dibuka sedikit. Memang sebagian besar mobil sudah dilengkapi dengan sistem pendingin ruangan (AC) sehingga jarang membuka jendela, baik ketika suhu panas atau dingin di kala hujan.

Tapi, jika suhu udara di dalam kabin terlalu dingin biasanya menimbulkan embun di jendela yang mengganggu pengelihatan. Salah satu cara menghilangkannya adalah dengan membuka jendela sedikit, agar udara di luar masuk ke dalam kabin. Pada waktu ini, peran talang air berguna maksimal.

"Selain untuk menahan air masuk ke kabin, mobil dengan talang air akan terlihat lebih stylish. Harganya macam-macam di pasar, mulai dari Rp 150.000 sampai Rp 750.000, tergantung dari jenis mobil," jelas Hendra punggawa toko aksesori Automania di ITC Cempaka Mas, Jakarta Timur, kepada KompasOtomotif, belum lama ini.

Dengan harga tersebut, biasanya yang ditawarkan adalah produk-produk buatan lokal. Sedangkan produk impor, harganya bisa lebih mahal, berkisar Rp 250.000 sampai Rp 1 juta, untuk semua jendela samping (4 buah talang air).

Agung Kurniawan Talang air Datsun Go Panca.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.