Kompas.com - 07/11/2014, 10:20 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Seoul, KompasOtomotif - Meski masih dihantui denda 350 juta dollar AS (Rp 4,26 triliun) karena terbukti "bohong" soal rata-rata konsumsi BBM, baik Hyundai Motor dan Kia Motors tetap optimistis. Duo merek asal Korea Selatan ini berambisi untuk menurunkan ekonomi konsumsi BBM hingga 25 persen pada 2020, guna memenuhi regulasi ketat yang berlaku di negara asalnya, AS, dan Eropa.

Pengumuman ini disampaikan kedua perusahaan setelah Senin (2/11/2014) lalu menerima keputusan denda 350 juta dollar AS yang dibebankan oleh pemerintah AS. Di negara asalnya, baik Hyundai maupun Kia juga lagi berjuang melawan derasnya impor model-model asing terus menumpuk popularitas di kalangan konsumen domestik, karena lebih irit dan punya pilihan mesin diesel.

Dalam pernyataan resminya, Hyundai dan Kia menyatakan akan mengembangkan mesin generasi terbaru dan transmisi yang lebih ringan untuk model-model unggulan di pasar. Selain itu, pengembangkan model-model ramah lingkungan juga masuk dalam target mereka.

"Pada paruh pertama tahun ini, pemimpin grup (holding) Chin Mong-koo memerintahkan untuk mengamankan level daya saing dalam hal ekonomi konsumsi BBM pada 2020," tulis Hyundai dalam pernyataan resminya dilansir Reuters, Kamis (6/11/2014).

Hyundai dan Kia yang saling berbagi komponen utama, mengaku akan mengganti 70 persen dari 10 mesin bensin dan diesel dengan generasi terbaru. Selain itu pemanfaatan teknologi turbo pada mesin bensin juga akan dimaksimalkan lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.