Hyundai Siapkan 2 Mesin Kecil untuk Saingi EcoBoost

Kompas.com - 03/10/2014, 14:31 WIB
Mesin New Kappa 1.0L T-GDI dari Hyundai, akan menyaingin mesin EcoBoost dari Ford. paultanMesin New Kappa 1.0L T-GDI dari Hyundai, akan menyaingin mesin EcoBoost dari Ford.
|
EditorAris F. Harvenda

Paris, KompasOtomotif – Hyundai mengambil kesempatan di Paris Motor Show 2014 untuk memamerkan mesin baru. Dua jantung pacu kapasitas kecil yang dilengkapi turbo pun dipajang. Mesin tersebut menjadi bukti bahwa Hyundai ikut menyukseskan tren dunia, soal mesin berkapasitas rendah, namun sanggup mengeluarkan tenaga besar.

Mesin pertama dan paling kecil adalah New Kappa 1.0L Turbocharged-Gasoline Direct Injection (T-GDI), dengan konfigurasi tiga silinder dan dipasang pertama kali pada Hyundai i20. Mesin ini sanggup memproduksi tenaga 120 tk dengan torsi maksimal 172 Nm.

Produksi tenaga itu mirip dengan mesin EcoBoost yang dipopulerkan Ford pada Fiesta EcoBoost 1.0L yang sanggup mengeluarkan tenaga 128 tk dan torsi 169 Nm.

New Kappa 1.0L T-GDI menggunakan kontrol pembuangan turbo secara elektronik, enam lubang injektor yang menyemburkan bensin dengan tekanan 200 bar.

Konsep pendinginan dibagi dua sehingga blok silinder bisa panas lebih cepat untuk mengurangi gesekan dan efisien. Sementara temperatur kepala silinder dijaga tetap rendah untuk mengoptimalkan injeksi dan pembakaran.

CNG
Mesin kedua adalah Kappa 1.4L T-GDI. Debut dilakukan di Paris Motor Show 2014 bersama Hyundai i30 CNG Concept. Tidak ada spesifikasi detail, Hyundai hanya merilis tenaga dan torsi yang masing-masing 117 tk dan 206 Nm (berjalan dalam mode CNG).

Mesin i30 CNG juga dilengkapi dengan transmisi otomatik dry-DCT 7-percepatan, dikenalkan pertama kali dalam Geneva Motor Show 2014 di bawah merek Kia.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber paultan
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X