Kompas.com - 02/10/2014, 08:00 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Salah satu dari empat mobil modifikasi hasil garapan tim Researh and Development Astra Daihatsu Motor (ADM) yang ditampilkan pada IIMS 2014 adalah edisi spesial Xenia Indigo. Kata “eksotis” dan “elegan” menjadi landasan transformasi, hasilnya menggambarkan sosok varian teratas Xenia dengan harga di atas Rp 200 juta yang belum pernah ada di Indonesia.

Pada pekan kedua IIMS 2014 lalu Jendro Trimaryanto, Styling Designer R&D Division ADM mengatakan berbagai mobil modifikasi yang ditampilkan di stan Daihatsu berusaha mengedukasi masyarakat tentang kreasi divisi pengembangan ADM. Ia setuju bahwa pihaknya butuh model flagship, termasuk untuk Xenia.

KompasOtomotif Beberapa ubahan mencolok dari Daihatsu Xenia Indigo

Alasan penamaan Indigo sebab “kulit” Xenia dibalut perpaduan warna biru dan ungu yang disebut special purplish blue. Dalam ensiklopedia bebas, kata Indigo sendiri punya konjungsi dengan kemampuan spesial atau bahkan supranatural. Dari sini terkesan ADM ingin menggambarkan Xenia Indigo punya “kekuatan tersembunyi”.

Tersembunyi atau tidak yang jelas penampilan dengan banyak aksen krom mencuatkan rasa elegan. Semuanya berubah, hanya menyisakan siluet bodi MPV 7-penumpang khas Xenia. Paling kentara di bagian gril atas di bagian depan yang terdiri dari empat lapis bilah sejajar. Kedua lampu di sisi kanan dan kiri punya bingkai yang sama seperti versi standar, namun bohlam diganti tipe proyektor. Hal serupa juga diterapkan di lampu belakang.

KompasOtomotif-donny apriliananda Interior Daihatsu Xenia Indigo, sedikit diberi nuansa ungu pada jok dan pedal.

Desain bemper bawah lain dari biasa, minimalis tanpa lampu kabut. Kini ada bantuan penerangan LED yang bisa berperan sebagai Daytime Running Light. Lis krom pada sekeliling kaca penumpang dan desain pelek baru berukuran lebih besar kembali menegaskan aura elegan. Meski fokus pada eksterior, berbagai elemen penyambung tema juga ada pada kabin. Interior diberi sentuhan “Indigo” pada jok dan pedal kaki. Satu-satunya sektor yang tak disentuh adalah mesin.

ADM mengatakan ada kemungkinan Xenia Indigo jadi barang konsumsi pembeli mobil, namun peminat harus siap dengan label harganya. Dari berbagai informasi menyebutkan modifikasi paling mahal untuk eksterior, bisa mencapai ratusan juta. Bila ditambah banderol Xenia, kisaran harga lebih dari Rp 300 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.