Kompas.com - 28/08/2014, 20:00 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Upaya Pertamina membatasi pemakaian bensin bersubsidi tak pernah berhenti. Melalui ajang IIMS 2014, Pertamina ingin menyosialisasikan pemakaian bensin performa tinggi hingga penggunaan bahan bakar alternatif ramah lingkungan.

Lebih tegas, Rifky Effendi Hardijanto, Direktur Penjualan dan Pemasaran Pertamina Lubricant dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (28/8/2014) mengatakan, bahwa bensin tipe Premium saat ini sudah tak layak digunakan untuk mesin-mesin baru berteknologi tinggi pada umumnya.

”Dari manual book hampir semua mobil saat ini, tidak ada yang merekomendasikan bensin RON 88. Minimal RON 90-91. Mudah-mudahan masyarakat semakin teredukasi mengonsumsi bensin non-subsidi, khususnya dari ajang IIMS 2014 ini,” kata Rifky.

Dijelaskan, saat ini Indonesia masih mengikuti ketetapan standar dari pemerintah, menggunakan bensin minimum RON 88. Itu pun disubsidi dengan nilai per tahun mencapai Rp 120 triliun. Untuk menguranginya, Pertamina melakukan edukasi berkesinambungan.

”Selaku produsen, kami strongly recommended agar pengguna kendaraan menggunakan Pertamax Series. Saya rasa banyak yang sudah tahu, jika bensin tak sesuai spesifikasi, mesin akan mengelitik (knocking), lama-lama terjadi kerusakan,” tukas Rifky.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.