Hyundai Ancam "Angkat Sebelah Kaki" dari Korea

Kompas.com - 25/07/2014, 09:20 WIB
Hyundai Indonesia butuh produk yang disukai jika ingin menambah volume penjualan. HyundaiHyundai Indonesia butuh produk yang disukai jika ingin menambah volume penjualan.
|
EditorAris F. Harvenda
Seoul, KompasOtomotif - Hyundai Motor mengancam akan angkat kaki sebelah dari negara asalnya, Korea Selatan, dan merakit lebih banyak kendaraan di luar negeri. Alasannya, penguatan nilai tukar won terhadap dollar AS membuat ekspor kendaraan dari Negeri Gingseng jadi tidak menguntungkan.

Buktinya, dalam laporan perusahaan bersama anak usaha Kia Motors, Hyundai mengaku pendapatan bersihnya turun hampir 7 persen menjadi 2,24 triliun won paruh pertama 2014, dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Hasil ini bahkan lebih kecil dari sejumlah prediksi yang ditakisr 2,33 trilun won oleh poling yang dilakukan 16 analis pasar oleh Reuters.

Beruntung, penjualan Hyundai di luar negeri justru membaik sehingga mampu sedikit menyeimbangkan kehilangan keuntungan akibat penguatan won. Hyundai menyatakan tengah mempertimbangkan menambah kapasitas produksi baru di luar Korea.

"Kami memang punya prediksi lebih baik dari nilai tukar pada paruh kedua tahun ini. Kami berencana menambah kapasitas terus menerus di mana pasar yang ada permintaannya," jelas Lee Won-hee, Kepala Keuangan Hyundai dilansir Reuters (24/7/2014).

Hasil buruk yang diperoleh perusahaan pada kuartal kedua tahun ini, terjadi karena omzet Hyundai anjlok sampai 16 persen. Salah satu penyebabnya adalah soal kampanye perbaikan massal (recall) di Amerika Serikat dan tekanan buruh dari negeri sendiri.

Nilai mata uang won menguat sampai 12,9 persen terhadap dollar AS, periode April-Juni 2014.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X