Kompas.com - 01/07/2014, 11:00 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Francorchamps, KompasOtomotif - Masih ada waktu buat Honda mengembangkan hatchtback performa Civic Type-R terbaru hingga diluncurkan pada 2015. Menjelang itu Honda butuh pendapat dari konsumen, sekitar 200 pemilik Civic Type-R lawas diajak merasakan performa unit konsep mengelilingi Sirkuit Spa-Francorchamps di Belgia.

Versi konsep telah mejeng di Geneva Motor Show 2014. Beberapa unit uji coba di jalan juga sudah berulang kali kepergok kamera jurnalis. Sekarang Civic Type-R benar-benar tampil “telanjang”, tanpa ada selubung sedikitpun.

Selain versi standar, di Belgia, Honda juga memajang Civic Type-R hasil racikan Mugen dengan tambahan aerokit, lingkar pelek lebih besar, dan detail perubahan pada bemper yang membuatnya terlihat lebih ganas.

Meski demikian, detail spesifikasi urung diungkapkan. Hanya disebutkan, dilengkapi mesin 2.0 liter turbocharger VTEC bersama transmisi manual 6-percepatan. Civic Type-R diklaim sanggup menyemburkan tenaga hingga 300 PS. Performa di trek juga dibantu dengan limited-slip differential.

Target besar menjadi mobil produksi berpenggerak roda depan tercepat yang mengelilingi sirkuit legendaris Nurburgring di Jerman. Rekor itu baru saja dipecahkan Renault Megane RenalutSport 275 Trophy-R, pertengahan Juni ini, dengan catatan terbaik 7 menit 54,3 detik.

AutoExpress, Senin (30/6/2014), merilis video hasil peliputan langsung dari Belgia. Seluruh peserta terlihat tidak sabar mencoba, berikut hasil ulasannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.