Kompas.com - 04/06/2014, 08:40 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Shanghai, KompasOtomotif – Pamor tokoh rekaan DC Comics, Batman, dalam film The Dark Knight (2008) menginspirasi pemuda asal China, Li Weilei, untuk menciptakan bisnis replika mobil batman (batmobile) yang dijuluki Tumbler.

Dimensinya dibuat mirip dengan versi asli, cukup meyakinkan buat sebagian orang meski bila dilihat dari dekat sangat terasa pekerjaan “amatir”. Konstruksinya dibuat memakai 10 ton gabungan berbagai bahan metal, seluruh pengerjaan dilakukan selama dua bulan.

GBtimes Batmobile, Tumbler buatan China
Dikerjakan Li dan empat koleganya, proyek ini menghabiskan dana 70,000 yuan atau sekitar Rp 130 juta. Namun replika ini tak bisa dipakai jalan. Tidak ada tenaga penggerak dan sistem kemudi walau di bagian dalam telah dilengkapi jok penumpang dan setir.

Li mengatakan permintaan mobil-mobil Batman buat pajangan sedang tinggi, celah itulah yang dimanfaatkan buat peluang bisnis. Biasanya, unit seperti ini disewa Rp 18 juta per hari.

GBtimes Versi asli Tumbler.

Li tidak hanya punya satu, saat ini ia tengah mengerjakan lebih dari 12 unit replika lainnya. Tumbler kreasi Li juga bisa dibeli masyarakat dengan harga Rp 189 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.