Setelah 56 Tahun, Bentuk 3D Honda Super Cub Dipatenkan

Kompas.com - 30/05/2014, 09:02 WIB
Honda Super Cub dipatenkan seacra 3D demi menghindari plagiat. Honda WorldwideHonda Super Cub dipatenkan seacra 3D demi menghindari plagiat.
|
EditorAris F. Harvenda

Tokyo, KompasOtomotif – Honda Super Cub, sepeda motor paling sukses di dunia, dipatenkan di Japan Patent Office, dalam jenis pematenan 3D (tiga dimensi) atau bentuk secara keseluruhan. Ini adalah yang pertama dilakukan merek Jepang, seiring dengan semakin banyaknya aktivitas plagiat, meski hanya untuk beberapa bagian.

Sukses Super Cub memang menginspirasi siapa pun. Sepeda motor tangguh dengan harga terjangkau ini sudah diproduksi selama 56 tahun. Di beberapa negara masih menerima model yang dianggap ”abadi” ini, meski dengan beberapa perubahan, tapi tak banyak.

Dalam waktu selama itu, sang legenda sudah terjual lebih dari 60 juta unit di seluruh dunia. Model dan jenis mesinnya pun bermacam-macam, mulai 50 cc sampai 110 cc. Tipe juga berkembang, mulai C50, C70, sampai C90. Untuk produksi sekarang, mesin tentu diperbarui lebih ramah lingkungan, meski dengan gaya yang sama.

Dijiplak adalah risiko dari popularitas. Itulah mengapa Honda segera melakukan tindakan paten 3D untuk menjegalnya. Meski ini adalah yang pertama dilakukan produsen Jepang, pematenan serupa juga pernah dilakukan merek lain, seperti Piaggio Vespa dan Fiat 500.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X