Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Produksi 60 juta Bebek Dalam 50 tahun

Kompas.com - 27/09/2008, 13:16 WIB

JAKARTA, SABTU – Untuk merayakan salah satu produknya yang menentukan perjalanan Honda dalam kancah industri otomotif, baik sepeda motor maupun mobil, Honda Motor Corp. Ltd. semalam meluncurkan situs global khusus untuk Super Cub. Di Indonesia, Super Cub kini lebih dikenal dengan sebutan Bebek. Pada tahun ini, Super Cub telah memasuki usianya yang ke-50 tahun.

Takeo Fukui, President & CEO Honda Motor Corp. Ltd. dalam sambutannya, menyatakan, sejak pertama kali dipasarkan pada 1958, Super Cub telah terjual 60 juta lebih sampai April lalu. Super Cub telah menjadi produk globa, saat ini dibikin di 24 negara. Di Indonesia, Super Cub diwakili oleh Revo, Supra Fit, Supra X125 dan Supra X125-PGM-FI.

Diceritakan, salah satu kebanggaan pendiri Honda, yaitu Soichiro Honda dan teman setianya, Fujisawa, terhadap Super Cub adalah teknologi kopling sentrifugal otomatisnya. “Ini adalah teknologi penemuan Honda yang dipimpin oleh Soichiro pda 1957,” jelas situs tersebut. Dengan teknologi ini, pengendara cukup menggunakan satu tangan untuk mengendali motornya. Ide membuat motor bebek seperti itu didasarkan pada cara petugas restoran soba (mie khas Jepang) yang menggunakan sepeda: satu memegang setang (tangan kiri) sedangkan satu barang bawaannya.

Honda mulai merintis membuat sepeda motor pada 1952 dengan menyontek produk dari Eropa. Meski begitu, motor pertama buatan Honda adalah sepeda bermesin. Super Cub dibuat berdasarkan kebutuhan lokal Jepang waktu itu, yaitu motor yang praktis, bisa digunakan di jalan yang tidak beraspal dan dapat dinaiki oleh siapa saja, termasuk wanita.

Keberhasilan Super Cub selanjutnya membuat Honda menjadi salah satu raksasa otomotif dunia saat ini. Honda tidak hanya membuat sepeda motor. Honda juga membuat mobil dengan produk pertamanya S500 (sport model) dan T360 (truk keci) yang dipasarkan pada 1963.

Pada 1986, Honda mengembangkan industrinya ke pembuatan pesawat dan mesin jet kecil. Honda pun dikenal sebagai perusahaan berteknologi tinggi dan menghasilkan mobil yang dikenal sangat efisien dan irit konsumsi bahan bakar dan rendah emisinya.

Jika perusahaan otomotif dunia lainnya berkolaborasi, Honda sendirian menunjukkan jati dirinya. Untuk motor, Honda tetap produsen nomor satu di dunia. Sedangkan untuk mobil, di bawah kelompok Toyota Group, GM Group, VW Group, Ford Group danHyundai-Kia dengan produksi 3,8 juta mobil pada tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com