Volkswagen Produksi "Mobil Murah" di China

Kompas.com - 28/04/2014, 07:39 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Beijing, KompasOtomotif - Kendati diskusi internal terus-terusan alot menentukan standar kualitas, Volkswagen akhirnya sepakat, baik konsep dan desain “mobil murah”, ditujukan buat pasar negara berkembang. Langkah pertama dimulai dari China.

“Semuanya telah selesai. Kami akan memproduksi semua komponen di China,” ujar manager proyek “mobil murah” Volkswagen, Hans Demant, kepada Reuters di Beijing Motor Show, pekan lalu.

Pernyataan Demant sangat optimis. Padahal, bos pengembangan Volkswagen, Heinz-Jakob Neusser, pernah mengatakan, memasuki segmen baru dengan model harga terjangkau itu sulit. Menurutnya, sangat tidak masuk akal menyetujui produksi kendaraan yang tidak memenuhi target internal.

Volkswagen telah berusaha untuk masuk ke segmen “mobil murah” dengan menyusupkan model di bentang harga Rp 96 – 127 juta. Kesulitan yang harus dihadapi, Volkswagen tidak punya basis merek kuat di pasar lain di luar China.

Jika ingin berkembang, Volkswagen dinilai harus segera melirik pasar India dan ASEAN yang memiliki pertumbuhan “mobil murah” yang tinggi. Strategi tepat harus segera ditemukan, pasalnya Volkswagen menargetkan menjadi pabrikan terbesar pada 2018.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.