Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Murah VW Akhirnya Disetujui

Kompas.com - 21/03/2014, 10:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Hanover, KompasOtomotif — Setelah sempat terkatung-katung sejak 2009, akhirnya direksi Volkswagen berhasil mencapai kesepakatan untuk memproduksi mobil murah. Manager Magazin, majalah bisnis lokal Jerman, menyatakan, eksekutif senior pabrikan mobil terbesar di Eropa itu akan segera menandatangani proyek tersebut.

Keputusan diambil setelah VW berhasil sepakat mengenai biaya yang diperlukan untuk produksi. Persetujuan kemudian dilanjutkan ke dewan pengawas dan diharapkan bisa segera dimulai musim panas tahun ini.

Proyek sempat menggantung karena VW kesulitan menekan biaya produksi untuk mobil dengan harga jual 6.000-8.000 euro (Rp 94,97 juta-Rp 126,6 juta). Basis produksi dipilih China karena memang pasar terbesar mobil murah ada di sana.

Kemungkinan mobil murah ini dijual dengan nama baru dan menjadi merek ke-13 di bawah naungan Grup VW. Pesaingnya antara lain Baojun, produk kolaborasi General Motors dan SAIC, juga Toyota Avanza yang dipasarkan di China. Target produksinya mencapai 500.000 per tahun.

Peluncuran
Dengan lampu hijau yang sudah di depan mata, mobil murah VW paling cepat bisa dipasarkan mulai akhir 2016 atau awal 2017. Jika sukses di China, maka VW akan masuk ke negara berkembang lain, seperti India dan Asia Tenggara.

Kehadiran mobil murah menjadi krusial bagi VW untuk memenuhi ambisinya menjadi pabrikan otomotif terbesar di dunia pada 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com