Otomotif Rusia Goyah, Datsun Tetap “Pede”

Kompas.com - 07/04/2014, 08:15 WIB
Datsun sedan on-DO IndiancarsbikesDatsun sedan on-DO
|
EditorAris F. Harvenda

Moskwa, KompasOtomotif – Meski gairah otomotif Rusia tengah goyah diterpa menurunnya nilai mata uang rubel, ditambah merosotnya permintaan mobil baru, Renault-Nissan tidak mengucilkan harapan untuk Datsun.

Menurut CEO Renault-Nissan, Carlos Ghosn, gelombang situasi tidak berlangsung lama. “Kami tidak punya keraguan tentang potensi pasar Rusia. Momen sekarang ini segera berada di belakang. Strategi kami tidak terlalu memikirkan gelombang jangka pendek, tapi harus melihat tren dan potensi jangka panjang,” katanya usai peluncuran sedan Datsun on-DO, pekan lalu.

Ghosn menambahkan, jalur rantai pasokan Datsun belum terganggu sanksi ekonomi wilayah barat setelah kelompok Rusia melakukan aneksasi wilayah Ukraina, Crimea.

Pada 2013, pasar Rusia turun 5 persen, beberapa pengamat otomotif menyebutkan kondisi tetap sulit hingga beberapa tahun ke depan terkait ekonomi rapuh. Nilai mata uang rubel turun 5 persen tahun ini, berakibat semakin tingginya beban pabrikan mengambil suplai dari luar negeri. Masih ditambah lagi daya beli konsumen juga ikut terpuruk.

“Saya menyadari fakta market menurun tahun lalu dan kemungkinan juga tahun ini. Tapi ketika kami berinvestasi, kami tidak hanya melakukan ini untuk sekarang, tapi lima, 10, dan 20 tahun lagi,” imbuh Ghosn.

Keuntungan
Nilai mata uang yang jatuh justru dianggap menjadi keuntungan Datsun. Alasannya, lokalisasi produksi telah dilakukan di pabrik milik AvtoVAZ (mitra lokal Datsun di Rusia) di Togliatti. Jadi, proses pembuatan kendaraan di dalam negeri bisa semakin dimaksimalkan. Sebelumnya, Renault-Nissan telah memutuskan untuk mengambil alih AvtoVAS, pemilik merek terlaris di Rusia, Lada.

“Pelemahan kurs mata uang bermanfaat buat merek lokal. Banyak merek asing mengimpor kendaraan, jadi ketika rubel melemah, semua menjadi kerugian buat mereka,” ucap Ghosn yang juga menyatakan kemitraan Renault-Nissan-AvtoVAS mengincar 40 persen pasar Rusia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kepercayaan diri Datsun ditinjau dari kelas menengah yang terus bertumbuh, kepadatan kendaraan yang rendah, dan peredaran usia kendaraan yang semakin menua. 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.