Mengenal Sirkuit Losail dari Sisi Pengereman oleh Brembo

Kompas.com - 23/03/2014, 15:42 WIB
Beban pengereman di Sirkuit Losail, Qatar, dipetakan oleh Brembo. BremboBeban pengereman di Sirkuit Losail, Qatar, dipetakan oleh Brembo.
|
EditorAris F. Harvenda

Doha, KompasOtomotif – Brembo sudah menggeluti bisnis sistem rem kendaraan puluhan tahun, dan kini mereka menyuplai untuk 21 dari 23 pebalap MotoGP. Tentu, sudah banyak data yang terkumpul untuk memberikan informasi penting kepada pebalap, atau bahkan masyarakat.

Kali ini produsen rem asal Italia itu membeberkan sekelumit fakta tentang Sirkuit Losail, Qatar, yang menjadi ajang pembuktian performa sepeda motor dan pebalap MotoGP seri pertama musim 2014. Data-data berkaitan dengan teknis, titik-titik untuk pengereman, hingga beban rem di setiap tikungan.

Dari gambar yang dibuat oleh Brembo, ada beberapa yang patut digarisbawahi. Pertama, sirkuit ini dimasukkan dalam kategori medium, yang artinya beban rem tidak terlalu berat, atau tidak semua tikungan butuh kinerja maksimal rem. Alasannya, trek ini secara umum ”mengalir”. Tidak ada tikungan stop and go dan zona yang membuat rider melakukan hard braking.

Brembo mengalkulasi, dalam 22 lap yang akan dijalani pebalap, satu sepeda motor akan memproduksi energi pengereman 6,7 kWh. Titik terberat ketika mengerem tentu di tikungan pertama. Dari ujung, rider akan memacu hingga top speed sekitar 357 kpj. Proses pengereman terjadi selama 263 meter, memberikan tekanan sebesar 8 kg untuk kampas rem, atau berada di titik maksimum.

Tikungan terakhir menjelang trek lurus ini akan menjadi titik dengan pengereman terberat kedua, dengan beban 6,4 kg. Brembo menyediakan mini site untuk lebih detail menerima penjelasan di motogp.brembo.com. Grafik dan info lebih lengkap tentang sirkuit bisa disimak di sana.

Jika melihat karakteristik sirkuit ini, gaya membalap yang sering mengandalkan rem akan sedikit terbantu. Namun hal ini harus didukung dengan performa sepeda motor yang harus cepat ketika ke luar tikungan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Motorcycle
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X