Indikasi Penyebab Vettel "Loyo" di F1 Australia

Kompas.com - 17/03/2014, 13:32 WIB
Sebastian Vettel harus terhenti di lap kelima karena mobil tidak bisa melaju kencang espnf1Sebastian Vettel harus terhenti di lap kelima karena mobil tidak bisa melaju kencang
EditorAris F. Harvenda
Melbourne, KompasOtomotif — Sebastian Vettel terpaksa berhenti pada lap kelima saat berlangsungnya balap F1 perdana musim 2014, di Albert Park, Melbourne, Australia, akhir pekan lalu. Mobil RB10 yang dikemudikan juara dunia empat kali ini didera masalah yang pelik sehingga tidak bisa melesat kencang. Selaku penyuplai mesin, Renault langsung menginvestigasi masalah tersebut.

Indikasi terbesar yang beredar saat ini adalah peranti lunak (software) yang dipakai Vettel bermasalah. Hal tersebut terjadi sejak latihan resmi hingga kualifikasi dan memaksa pebalap asal Jerman tersebut harus puas start dari posisi ke-13. Padahal, rekan setimnya, Daniel Ricciardo, berhasil merangsek ke posisi kedua. Kondisi mesin makin buruk dan memaksa Vettel masuk pit pada lap kelima dan tidak melanjutkan perlombaan.

Head of Track Operations Renault, Remi Taffin, menyatakan, pihaknya menerima keluhan yang dilontarkan atas masalah yang dialami Vettel di Sirkuit Albert Park. Dijelaskan, hasil latihan resmi menunjukkan kemajuan dibanding saat percobaan di Bahrain. Begitu pula dengan sesi latihan resmi kedua. Namun, kendala mulai timbul saat masuk sesi ketiga dan tidak membaik saat kualifikasi, bahkan makin buruk.

"Kami terima bahwa kami tidak cukup konsisten dan akan mempelajari lagi. Menjadi hal yang sulit ketika hal tersebut berkaitan dengan software, terlebih ketika berurusan dengan proses penyetelan," papar Taffin.

Kondisi tersebut membuat Vettel tak mendapatkan kecepatan yang dibutuhkan. Kasus ini akan terus dipelajari dan Taffin berjanji akan lebih baik pada balapan selanjutnya.

Kita lihat saja nanti.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X