Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW M4 Coupe Dipercaya Kawal MotoGP

Kompas.com - 10/03/2014, 10:14 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Munich, KompasOtomotif – BMW M4 Coupe diumumkan sebagai safety car dalam ajang MotoGP. Kabar ini tak disiarkan resmi, hanya muncul melalui akun Facebook Seri ”M”, lalu dinyatakan sebagai peluncuran secara ofisial. Dengan demikian, M6 Gran Coupe yang dipakai musim 2013 dinyatakan pensiun dari ajang balap sepeda motor paling bergengsi di dunia itu.

Nama resmi mobil ini adalah BMW M4 Coupe MotoGP Safety Car, akan menggunakan livery (corak) ”M” dari bemper depan, spoiler belakang, difusser, hingga side skirt khusus. Semua tambahan bodi itu terbuat dari karbon fiber yang sangat kuat, tetapi tetap menjadikan mobil tak berlebih dalam hal bobot.

BMW Tenaganya sudah lebih dari cukup untuk melesatkan kendaraan sampai 250 kpj.

Khas safety car, warna putih diberi aksen biru, biru muda, dan merah di kap mesin, atap, bagian belakang, dan pintu. Lampu strobo merah menempel erat di atap. Di kisi-kisi udara bagian depan juga ada lampu kelap-kelip yang akan menegaskan kehadirannya dari jarak jauh.

Ditunjang mesin 3.000cc enam silinder segaris, sama seperti yang dipakai M3. Tenaga total yang dikeluarkan berada di 431 PS dan torsi 550 Nm. Akselerasi dari diam hingga 100 kpj hanya ditempuh dalam 4,1 detik dengan transmisi M DCT 7-percepatan, atau 4,3 detik dengan transmisi manual 6-percepatan.

Sementara kecepatan maksimal mencapai 250 kpj dan bisa dinaikkan lagi sampai 280 kpj dengan paket khusus dari M. Tenaga dan kecepatan itu sudah cukup untuk mengawal motor-motor beringas MotoGP dalam keadaan darurat. Selamat bertugas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com