BMW M4 Coupe Dipercaya Kawal MotoGP

Kompas.com - 10/03/2014, 10:14 WIB
BMW M4 Coupe yang akan dipakai sebagai safety car dalam MotoGP 2014. BMWBMW M4 Coupe yang akan dipakai sebagai safety car dalam MotoGP 2014.
|
EditorAris F. Harvenda

Munich, KompasOtomotif – BMW M4 Coupe diumumkan sebagai safety car dalam ajang MotoGP. Kabar ini tak disiarkan resmi, hanya muncul melalui akun Facebook Seri ”M”, lalu dinyatakan sebagai peluncuran secara ofisial. Dengan demikian, M6 Gran Coupe yang dipakai musim 2013 dinyatakan pensiun dari ajang balap sepeda motor paling bergengsi di dunia itu.

Nama resmi mobil ini adalah BMW M4 Coupe MotoGP Safety Car, akan menggunakan livery (corak) ”M” dari bemper depan, spoiler belakang, difusser, hingga side skirt khusus. Semua tambahan bodi itu terbuat dari karbon fiber yang sangat kuat, tetapi tetap menjadikan mobil tak berlebih dalam hal bobot.

BMW Tenaganya sudah lebih dari cukup untuk melesatkan kendaraan sampai 250 kpj.

Khas safety car, warna putih diberi aksen biru, biru muda, dan merah di kap mesin, atap, bagian belakang, dan pintu. Lampu strobo merah menempel erat di atap. Di kisi-kisi udara bagian depan juga ada lampu kelap-kelip yang akan menegaskan kehadirannya dari jarak jauh.

Ditunjang mesin 3.000cc enam silinder segaris, sama seperti yang dipakai M3. Tenaga total yang dikeluarkan berada di 431 PS dan torsi 550 Nm. Akselerasi dari diam hingga 100 kpj hanya ditempuh dalam 4,1 detik dengan transmisi M DCT 7-percepatan, atau 4,3 detik dengan transmisi manual 6-percepatan.

Sementara kecepatan maksimal mencapai 250 kpj dan bisa dinaikkan lagi sampai 280 kpj dengan paket khusus dari M. Tenaga dan kecepatan itu sudah cukup untuk mengawal motor-motor beringas MotoGP dalam keadaan darurat. Selamat bertugas.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X