Kompas.com - 27/02/2014, 07:04 WIB
|
EditorZulkifli BJ

Jakarta, KompasOtomotif –  Sepeda motor bebek Honda Supra X, di Indonesia telah menginjak usia 17 tahun. Menurut Johannes Loman, Wakil Presiden Direktur Eksekutif PT Astra Honda Motor (AHM), pelopor mesin injeksi dengan jargon “Rajanya Motor Bebek” ini telah terjual lebih dari 14 juta unit di seluruh Nusantara.

“Mesin Supra telah mengalami banyak perubahan, tampilan dan fitur. Kini semua varian menggunakan sistem injeksi,” jelas Loman, saat peluncuran Honda Supra X 125 FI di Jakarta, Rabu (26/2/2014).

GM Marketing Planning & Analysis Division AHM, Agustinus Indraputra menambahkan, selain sebagao wujud komitmen Honda menerapteknologi injeksi pada semua model di tahun ini, Supra X 125 FI ditujukan untuk mengamankan reputasi sekaligus meningkatkan pangsa pasar di kelas bebek atas. 

Januari lalu, total penjualan Honda Supra X 125 mencapai 35.589 unit, terdiri dari karburator 32.150 unit dan FI helm-in 3.439 unit atau menguasai 65,3 persen pangsa pasar bebek atas.Target terbaru 40.000 unit per bulan.

Sejarah
Perubahan dilakukan pada 2005, mesin 100 cc dinaikkan menjadi 125 cc sekaligus menjadi sepeda motor pertama dengan sistem injeksi dengan merek khas Honda Programmed Fuel Injection (PGM-FI) dan dipasarkan bersama Supra X 125 karburator.

Pada 2007, sosok diubah dengan bodi menjadi lebih ramping dan corak baru. Pada 2011, muncul Supra X 125 FI helm-in  dengan tambahan bagasi. Tahun lalu, total penjualan sudah mencapai 14 juta unit atau  setiap tahun rata-rata 800.000 unit. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.