Kompas.com - 17/02/2014, 19:53 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Los Angeles, KompasOtomotif - Fisker, produsen mobil listrik asal Irvine, California, Amerika Serikat, menjadi salah satu merek yang jadi tren dikalangan bintang Hollywood saat ini. Hampir semua bintang film, penyanyi, atau selebriti memilih Karma, selain karena desainnya yang "stylish" juga ramah lingkungan.

Tapi, kini merek yang semula menjadi kebanggaan warga AS itu akan segera berubah status menjadi merek China. Pasalnya, produsen komponen Wanxiang tinggal selangkah lagi jadi pemilik baru.

Perusahaan Hybrid Tech Holding, milik Richard Li, semula diposisikan sebagai pembeli tunggal sisa saham Fisker dengan nilai 25 juta dollar AS (Rp 291,2 miliar), November 2014 lalu. Tapi, kreditor Fisker menolak tawaran itu karena menilai terlalu rendah. Akhinya, Departemen Energi AS mengumumkan pernyataan resmi, kalau Fisker lebih baik menerima pinangan Wanxiang, 149,2 juta dollar (Rp 1,74 triliun). Dengan nilai yang lebih baik, kesepakatan tinggal menunggu waktu saja.

Rencana
Di sisi lain, Wanxiang belum mau membeberkan rencana perusahaannya di masa depan setelah mengakuisisi Fisker. Apakah, tetap membiarkan Fisker memproduksi Karma, untuk mendapatkan arus uang jangka pendek dan menambah investasi untuk pengembangan mobil listrik lanjutan atau teknologi hibrida "plug-in".

Satu hal yang pasti, akusisi ini membuat Wanxiang lebih kuat dalam pengembangan kendaraan ramah lingkungan. Apalagi, perusahaan China ini sebelumnya juga sudah mengakuisisi produsen baterai A123 System, sejak Desember 2012. Menariknya lagi, selama ini Fisker mengandalkan pasokan baterai dari A123 System, sehingga semakin terintegrasi.

Dengan akses pada teknologi mobil ramah lingkungan, tidak menutup kemungkinan akan mempercepat akses China ke pasar mobil AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.