Nissan Terpaksa Naikkan Banderol Beberapa Produk

Kompas.com - 17/01/2014, 08:41 WIB
Nissan Juke menjadi andalan PT Nissan Motor Indonesia di pasar ekspor. Donny AprilianandaNissan Juke menjadi andalan PT Nissan Motor Indonesia di pasar ekspor.
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Kondisi perekonomian dan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang masih lemah menekan semua bidang, tak terkecuali otomotif. PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengaku terpaksa harus menaikkan harga, meski tidak begitu besar. Alasannya, semua biaya yang menyangkut proses produksi juga naik.

Vice President Director National Sales and Marketing NMI, Yoshiya Horigome mengatakan kepada wartawan, Kamis (16/1/2014), bahwa kenaikan harga itu sudah pasti terjadi. ”Biaya produksi naik, harga material naik, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS terus melemah, BBN (Bea Balik Nama) juga naik. Tentu kami harus melakukan penyesuaian harga,” tegasnya.

Meski demikian, kenaikan yang dilakukan NMI dipastikan sangat sedikit. Ditambahkan,  presentase kenaikan harga hanya 2 persen. Dia meyakini penyesuaian ini masih kompetitif, dan tidak diberlakukan untuk semua produk. Tidak disebutkan, model mana yang akan dinaikkan harganya.

Bukan soal harga jual saja, yang juga mendapat perhatian dari NMI adalah penambahan jaringan dan kualitas pelayanan. Hingga saat ini, jumlah diler yang tersebar di Indonesia mencapai 115 outlet. Rencananya, akan ditambahkan lagi 22 outlet tahun ini untuk semakin melebarkan sayap penjualan.

Ekspor
Jika kondisi 2014 tidak sebaik yang diprediksi, NMI masih punya pasar ekspor yang bisa sedikit menambah volume penjualan. Saat ini NMI memasok Juke ke Thailand. Desember 2013 lalu, 2.000 crossover ini dikapalkan ke sana, dan target 2014 meningkat dua kali lipat.

”Juke sangat kuat di Thailand. Situasi politik tidak begitu mempengaruhi ekspor kami ke sana. Kami siap dan lebih dari cukup kapasitas untuk menambah kuota ekspor,” tukas Horigome.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.