Nissan Garap Produksi Konsep IDx 2015

Kompas.com - 16/01/2014, 12:39 WIB
Nissan IDx Nismo (kiri) dan Nissan IDx Freeflow Go AutoNissan IDx Nismo (kiri) dan Nissan IDx Freeflow
|
EditorAris F. Harvenda

Detroit, KompasOtomotif – Nissan menyatakan salah satu dari duo mobil konsep IDx (Freeflow dan Nismo), yang debut di Tokyo Motor Show 2013 lalu, akan diproduksi 2015. Wakil Presiden Eksekutif Nissan, Andy Palmer, mengatakan respon publik kala pameran otomotif terbesar di Jepang itu ternyata memuaskan.

“Salah satu di antara keduanya ikut dalam strategi jangka menengah kami. Namun belum tentu keduanya akan dibuat. Saya tidak mengatakan kami tidak membuat keduanya, tapi salah satunya pasti dipoduksi,” ujar Palmer kepada Go Auto, Rabu (15/1/2014), saat gelaran Detroit Motor Show berlangsung.

Keterangan lebih lanjut tidak disebutkan, tapi Palmer mengatakan mobil konsep berpenggerak roda belakang ini bertugas mengisi kelas mobil sport entry level yang ditinggalkan Silvia/200SX.

Desain
Inpirasi desain diambil dari Datsun 510 yang pernah beredar di 1960-1970-an. “Ya, memang menyerupai 510, tapi itu tidak disengaja pada awalnya," tukas Palmer. 

Nissan pernah menggelar riset pada kelompok anak muda, 100 di antaranya menyukai tampang ‘retro’ 510. Sejak itu pengembangan IDx mengarah ke sana.

Toyota 86
Asumsi yang beredar, Nissan sedang mengerjakan rival Toyota 86/Subaru BRZ. Namun dengan minimnya informasi spek, dugaan tersebut dikatakan masih terlalu dini. Palmer menambahkan, eksekusi IDx tidak beda jauh dengan versi konsep.

Konsep Freeflow dibangun dengan karakter sportcar tetapi tetap “hijau”. Diberi pilihan mesin 1,2 dan 1,5 liter, berikut CVT.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan Nismo, dikerjakan oleh Nismo. Penampilannya lebih sporty dari saudaranya, terlihat dari tampang agresif livery balap dan diameter pelek plus ban lebih besar. Mesin yang dicangkokkan berbeda, 4-silinder bensin 1,6 liter turbocharger.

Kedua spesifikasi tersebut masih di bawah 86 dan BRZ yang dipersenjatai mesin boxer 4-silinder DOHC, bertenaga 200 PS dan torsi 205 Nm. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.