Akhir Tahun, Merek Jepang Tersenyum di China

Kompas.com - 27/12/2013, 11:31 WIB
Toyota di Shanghai Auto Show AFP-JIJIToyota di Shanghai Auto Show
|
EditorAris F. Harvenda
Tokyo, KompasOtomotif - Sempat terpuruk akhir tahun lalu akibat kerusuhan demonstrasi "anti produk Jepang", kini setahun berselang merek-merek mobil asal Negeri Matahari Terbit bisa kembali tersenyum. November lalu, penjualan mereka berhasil mencatatkan angka tertinggi bulanan.

Toyota misalnya, berhasil mencapai 90.000 unit, melesat 40,7 persen dibanding bulan yang sama tahun sebelumnya. Camry, Corolla, dan Rav4 menjadi penopang utama penjualan tahun ini. Nissan justru lebih baik lagi, diakui penjualan berlipat ganda jadi 131.778 unit, berkat model unggulan Sylphy dan Qashqai. Honda tak mau ketinggalan, juga berhasil naik dua kali lipat menjadi 83.028 unit.

Data penjualan ini menunjukkan kalau iklim bisnis di China semakin membaik. Konflik politis yang memuncak antara kedua pemerintahan akhir tahun lalu sudah mulai dilupakan konsumen. Para pabrikan Jepang mengaku, angka penjualan November sudah membuktikan kalau hubungan bilateral kedua pemerintah sudah mereda.

Kini, mereka fokus untuk kembali mendongkrak produksi untuk terus meningkatkan penjualan di China. Hiroto Saikawa, Presiden Direktur Nissan China, bulan lalu mengatakan, masih berusaha bangkit untuk tetap naik penjualannya di China.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.