Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Tahun, Merek Jepang Tersenyum di China

Kompas.com - 27/12/2013, 11:31 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Sempat terpuruk akhir tahun lalu akibat kerusuhan demonstrasi "anti produk Jepang", kini setahun berselang merek-merek mobil asal Negeri Matahari Terbit bisa kembali tersenyum. November lalu, penjualan mereka berhasil mencatatkan angka tertinggi bulanan.

Toyota misalnya, berhasil mencapai 90.000 unit, melesat 40,7 persen dibanding bulan yang sama tahun sebelumnya. Camry, Corolla, dan Rav4 menjadi penopang utama penjualan tahun ini. Nissan justru lebih baik lagi, diakui penjualan berlipat ganda jadi 131.778 unit, berkat model unggulan Sylphy dan Qashqai. Honda tak mau ketinggalan, juga berhasil naik dua kali lipat menjadi 83.028 unit.

Data penjualan ini menunjukkan kalau iklim bisnis di China semakin membaik. Konflik politis yang memuncak antara kedua pemerintahan akhir tahun lalu sudah mulai dilupakan konsumen. Para pabrikan Jepang mengaku, angka penjualan November sudah membuktikan kalau hubungan bilateral kedua pemerintah sudah mereda.

Kini, mereka fokus untuk kembali mendongkrak produksi untuk terus meningkatkan penjualan di China. Hiroto Saikawa, Presiden Direktur Nissan China, bulan lalu mengatakan, masih berusaha bangkit untuk tetap naik penjualannya di China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com