Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Geser GM di China!

Kompas.com - 27/12/2013, 09:58 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Di akhir tahun ini Volkswagen AG (VW) tersenyum karena berhasil menggeser General Motors (GM) sebagai produsen asing terlaris di China. Reuters  kemarin (26/12/2013) memberitakan, kedua merek sudah mencapai target penjualan 3 juta unit di pasar terbesar dunia itu, namun VW lebih dulu melampaui target, yaitu sejak 5 Desember, sedangkan GM menyusul 6 hari berikutnya.

Menurut data lokal, VW berhasil mencatat penjualan 2,96 juta unit, lebih banyak 70.000 unit daripada GM untuk Januari-November. Bos VW China, Jochem Heizmann mengaku sebenarnya masih bisa meningkatkan penjualan, namun kapasitas produksi terbatas.

"Anda harus mengerti kondisi sekarang, kami punya masalah, yaitu kapasitas produksi. Kami bisa saja menjual lebih banyak," jelas Heizmann.

Toyota, berada di peringkat 4, di bawah Ford yang terus berusaha mencari cara untuk mendongrak penjualan global.

VW sudah memastikan akan menanamkan modal usaha 25 miliar dollar AS sampai 2018, termasuk di China mulai 2015. Audi - merek premium VW - mulai merakit lokal sedan A3 dan A4 agar harganya lebih kompetitif.

Hasil di China ini sangat berpengaruh terhadap persaingan Toyota, VW dan GM untuk tingkat dunia. Jadi, China adalah salah satu pasar kunci untuk menang!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com