Harley-Davidson Bunuh 6 Model di 2014

Kompas.com - 02/05/2013, 14:21 WIB
Harley-Davidson XR1200X tidak akan bisa dilihat lagi tahun depan. Harley-Davidson XR1200X tidak akan bisa dilihat lagi tahun depan.
EditorAris F Harvenda

Milwaukee, KompasOtomotif – Setengah lusin model Harley-Davidson bakal dipensiunkan pada 2014. Informasi ini bocor setelah memo yang dikirim prinsipal untuk agen penjual jelang rapat tahunan semua dealer di AS untuk membahas strategi ke depan, bocor ke tangan media.

Model-model tersebut Sportster XR1200X, FXS Softail Blackline, FLHTC Electra Glide Classic. Ketiganya akan dibunuh duluan awal 2014, karena penjualan yang tak kunjung membaik. Menyusul FLHRC Road King Classic juga akan dipensiunkan di pasar AS, dan pasokan model FLHRC Road King hanya akan dipangkas untuk pasar di luar AS karena masih populer.

Sisa dua model lagi, FLTRX Road Glide Custom dan FLTRU Road Glide Ultra. Untuk dua model ini, Harley-Davidson tidak akan selamanya memensiunkan, tetapi bakal diakifkan lagi setelah mendapat paket perubahan desain dan kelengkapan.

Seperti ditulis Visordown, penghapusan model-model ini bertujuan untuk mengoptimalkan jumlah pilihan yang tersedia dan mengurangi tumpang-tindih produk. Selain, mengikuti pasar yang semakin dinamis dan mengurangi kompleksitas model di showroom.

Fakta lain, penjualan Harley-Davidson di kuartal pertama 2013 tidak terlalu agresif, "cuma" 54.257 unit yang berarti turun 9 persen dibanding periode sama tahun lalu. Meski turun, keuntungan perusahaan dilaporkan naik mencapai 1,57 miliar dollar AS (15,307 triliun) dibandingkan Q1 tahun lalu 1,43 miliar dollar AS (Rp 13,9 triliun).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.