Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harley-Davidson Bunuh 6 Model di 2014

Kompas.com - 02/05/2013, 14:21 WIB

Milwaukee, KompasOtomotif – Setengah lusin model Harley-Davidson bakal dipensiunkan pada 2014. Informasi ini bocor setelah memo yang dikirim prinsipal untuk agen penjual jelang rapat tahunan semua dealer di AS untuk membahas strategi ke depan, bocor ke tangan media.

Model-model tersebut Sportster XR1200X, FXS Softail Blackline, FLHTC Electra Glide Classic. Ketiganya akan dibunuh duluan awal 2014, karena penjualan yang tak kunjung membaik. Menyusul FLHRC Road King Classic juga akan dipensiunkan di pasar AS, dan pasokan model FLHRC Road King hanya akan dipangkas untuk pasar di luar AS karena masih populer.

Sisa dua model lagi, FLTRX Road Glide Custom dan FLTRU Road Glide Ultra. Untuk dua model ini, Harley-Davidson tidak akan selamanya memensiunkan, tetapi bakal diakifkan lagi setelah mendapat paket perubahan desain dan kelengkapan.

Seperti ditulis Visordown, penghapusan model-model ini bertujuan untuk mengoptimalkan jumlah pilihan yang tersedia dan mengurangi tumpang-tindih produk. Selain, mengikuti pasar yang semakin dinamis dan mengurangi kompleksitas model di showroom.

Fakta lain, penjualan Harley-Davidson di kuartal pertama 2013 tidak terlalu agresif, "cuma" 54.257 unit yang berarti turun 9 persen dibanding periode sama tahun lalu. Meski turun, keuntungan perusahaan dilaporkan naik mencapai 1,57 miliar dollar AS (15,307 triliun) dibandingkan Q1 tahun lalu 1,43 miliar dollar AS (Rp 13,9 triliun).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com