Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Horee! Datsun Hidup Lagi!

Kompas.com - 30/09/2011, 09:53 WIB

LONDON,KOMPAS.com – Nama Datsun pernah berkibar di Indonesia pada era 70-an. Malah di kalangan pengemar sport dan reli, Datsun kotak adalah sebuah produk fenemonal. Sampai sekarang masih ada yang memeliharanya.

Tak hanya di Indonesia, di Inggris merek Datsun juga sangat dikenal reputasinya untuk mobil sport kompak. Salah satunya pada 1970-an adalah 240Z dan Sunny hatchback. Namun pada 1980-an, Datsun tenggelam dan berubah menjadi Nissan. Ternyata nama besar itu masih punya magnet atau daya tarik tinggi dan ingin dihidupkan kembali oleh Nissan.

Menurut Autoexpress, Inggris, Nissan dikabarkan berencana mengembangkan hak kepemilikan nama Datsun dan berencana membuat logo yang berubah secara total.

Sub-merek
Dijelaskan pula, jika Datsun kembali, akan menjadi sub-merek dari Nissan yang menargetkannya sebagai mobil ekonomis (murah) dan harga terjangkau. Strategi ini mengikut langkah yanbg dilakukan perusahaan saudara Nissan asal Prancis, Renault dengan sub-mereknya, Dacia. Diperkirakan pula, Datsun baru nantinya adalah kembaran dari Dacia (rebadged).

Dijelaskan pula, muncul merek Datsun merupakan program jangka menengah Nissan yang disebut “Power 88”. Setiap enam minggu, dalam enam tahun mendatang akan diluncurkan satu model baru.

Seorang juru bicara Nissan mengatakan, ”Kami sedang mencari berbagai merek dan opsi yang menarik adalah Datsun. Jika kami menggunakannya, Datsun akan menjadi merek besar, khususnya di negara berkembang seperti Rusia dan China.”

saat ini perancang Nissan sedang bekerja keras membuat mobil konsep agar merek tersebut muncul dan membuat kejutan lagi. Model yang akan dimunculkan adalah sport kupe diesel hibrida XLink empat penumpang. Nantinya, Datsun akan menjadi penantang baru di dunia permobilan internasional!

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau