Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Knalpot Replika Titanium

Kompas.com - 13/06/2008, 09:41 WIB
Editor

JAKARTA, JUMAT - Klub otomotif tak cuma identik dengan kumpul-kumpul, ngebut atau saling pamer. Di sisi lain, terkadang sesama anggota menghasilkan karya yang kreatif dan berguna bagi kendaraan mereka.

Melalui tulisan ini, ada 10 klub otomotif di Jakarta menyumbangkan ide kreatif mereka. Untuk yang pertama ini ditampilkan dari klub otomotif Imagine yang mengecat ujung knalpot custom mempunyai beberapa warna.

Knalpot berbahan titanium jadi salah satu ikon penguat karakter mobil yang bergaya racing. Sayangnya knalpot yang punya ciri beberapa warna di ujungnya ini punya harga mencapai Rp 3,5 juta. Lantaran hal itu, beberapa anggota klub Imagine, Willy, Edward, Tonny, Evan dan David, membikin knalpot replika titanium.

Proses kerja pembuatan knalpot model ini membutuhkan bahan utama, knalpot custom dengan diameter besar dan cat candy beberapa warna. “Pakai cat semprot candy Krylon dan pernis,” kata Willy yang juga bos bengkel Namura Hyan, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Modal knalpotnya sekitar Rp 300 ribu, cat 3 warna Rp 180 ribu dan pernis Rp 60 ribu. 

Langkah-langkahnya:
1.Siapkan bahan untuk proses kerja pembuatan knalpot replika titanium. Terdiri dari 3 cat candy ungu, biru, dan kuning, serta pernis.  Lalu, knalpot, isolasi kertas, lap, cairan pembersih logam dan gunting.

2. Bersihkan knalpot dengan cairan pembersih logam merek Waxco atau lainnya.

3.Beri isolasi kertas pada knalpot untuk memberi lapisan warna pertama.

4. Semprotkan cat warna ungu pada lapisan pertama. Setelah kelar tunggu sekitar 5 menit sampai catnya kering.

5. Lapisan pertama kelar, semprot dengan cat biru pada lapisan kedua. Berikutnya semprot cat kuning pada lapisan ketiga.

6. Knalpot Titanium ala anak Imagine kelar dibuat. Yang perlu diingat cat candy diawal penyemprotan masih terlihat seperti warna solid. Setelah kering beberapa lama baru muncul warna candy-nya. (Rahmat)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.